Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Rakorda Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Tulungagung

Rakorda Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Tulungagung

Written By BBG Publizer on Kamis, 20 Februari 2020 | 07.50

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., saat menyampaikan sambutan di ruang praja Mukti
Tulungagung.OposisiNews.co.id–Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupatèn Tulungagung, secara resmi di buka Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., di ruang Praja Mukti. Senin, (19-02-2020).

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh narasumber dari tim BPS Tulungagung, seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulunggaung,  Asisten dan Camat se-Kabupaten Tulungagung sebagai peserta Rakor.

Bupati Tulungagung,Drs. Maryoto Birowo, M.M., dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah telah menerbitkan Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Dengan peraturan baru tersebut diharapkan dapat mengatasi perbedaan data yang selama ini sering terjadi, termasuk data penduduk.

" Selama ini kita mengenal data penduduk menurut BPS, data penduduk menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan data penduduk menurut instansi tertentu. Berbagai macam data penduduk tersebut tidak sama sehingga pengguna data mengalami kebingungan, mana data yang akan digunakan",ucapnya.

Lebih lanjut di sampaikan oleh Bupati bahwa, perencanaan pembangunan antar dinas dan instansi menjadi tidak sama karena perbedaan sumber data. Oleh karenanya, sensus penduduk 2020 merupakan momentum untuk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Dalam paparannya, Orang nomor satu di Tulungagung ini menyampaikan bahwa, sensus penduduk 2020 ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan sensus sebelumnya. Sensus penduduk 2020 menggunakan metode kombinasi, yaitu perpaduan metode konvensional dan metode berbasis registrasi dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri sebagai data dasar sensus penduduk 2020.

"Bagi Pemerintah Kabupaten Tulungagung, data sensus penduduk akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam proses perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan evaluasinya. Agar program perlindungan sosial tepat sasaran, maka dalam perencanaannya akan memanfaatkan data sensus penduduk yang telah diolah untuk menekan inefisiensi pemberian bantuan dan meningkatkan efektifitas anggaran," tandasnya.

Di harapkan, dengan Satu Data Indonesia nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk keperluan program perlindungan sosial lebih tepat sasaran.

"Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk layanan pendidikan, kesehatan termasuk menentukan besaran proporsi Dana Alokasi Umum," terang Bupati.

Selain itu Bupati Tulungagung juga menambahkan bahwa, SP 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode yang pertama adalah SP On Line yakni seluruh penduduk Indonesia secara mandiri akan mengisi aplikasi dari website sensus.bps.go.id yang dilaksanakan dari 15 Februari hingga 31 Maret 2020.
Yang kedua, SP Wawancara yang dilaksanakan dari 1 hingga 31 Juli 2020

"Nantinya petugas akan menyisir atau mengecek keberadaan penduduk berdasar daftar kependudukan. Petugas akan mendata penduduk yang belum melakukan SP On Line dengan didampingi pengurus lingkungan,' pungkasnya. ( AP )

Reporter : A.purnomo/hms

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon