Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Pemkab Tulungagung Lestarikan Seni Budaya Yang Mulai Terkikis Perubahan Jaman

Pemkab Tulungagung Lestarikan Seni Budaya Yang Mulai Terkikis Perubahan Jaman

Written By BBG Publizer on Minggu, 23 Februari 2020 | 09.32

Pentas seni budaya ketoprak Sari Budoyo di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso
Tulungagung.OposisiNews.co.id-Untuk menumbuhkan sekaligus melestarikan seni budaya Nusantara yang mulai terkikis dengan perubahan jaman, Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Pagelaran kesenian ketoprak dengan Lakon "Tumbak Nogo Baru Klinting, Sumilak Pedut Mataram". 

Diawali dengan suguhan pentas tari Gambyong dan tari Bambangan Cakil  dari sanggar tari Sari Budoyo. Pagelaran kesenian ketoprak Sari Budoyo dipentaskan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.Jumat,(21/02/2020).

Acara yang dihadiri oleh Bupati, Sekda, Assistan, staf ahli, beserta unsur Forpimda,serta OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya jawa yang adi luhung sekaligus juga untuk memperkenalkan kepada generasi muda Tulungagung akan kesenian yang mulai ditinggalkan pecintanya.

Dalam sambutannya Bupati Tulungagung, Drs.Maryoto Birowo, M.M.,mengatakan, Pagelaran seni Kethoprak Sari Budoyo merupakan upaya untuk melestarikan seni budaya yang ada di Tulungagung.

"Hal ini sekaligus memberikan pengetahuan, utamanya untuk generasi muda agar mereka mengerti tentang seni budaya Kethoprak," tuturnya.

Bupati berharap, dari kegiatan ini akan tumbuh generasi muda yang tertarik untuk melestarikan dan menekuni kesenian yang dulu menjadi salah satu maskot bagi seniman ketoprak Tulungagung.

"Mencintai kesenian ketoprak  merupakan salah satu wujud cinta tanah air," tandasnya.

Bupati Tulungagung mengapresiasi atas digelarnya kesenian kethoprak Sari Budoyo.

“Atas nama Pemkab Tulungagung saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya khususnya kepada panitia penyelenggara,” pungkasnya.( Ag )

Reporter : A.purnomo

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon