Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Menumbuh Kembangkan Merdeka Belajar Dengan Strategi Pembelajaran Sekolah Alam

Menumbuh Kembangkan Merdeka Belajar Dengan Strategi Pembelajaran Sekolah Alam

Written By BBG Publizer on Minggu, 23 Februari 2020 | 14.03

Kepala SMPN 3 Pagerwojo, bersama peserta Saat Study Banding di Sekolah Alam Pacitan
Tulungagung,OposisiNews.co.id- Berkembangnya dunia pendidikan yang begitu cepat menuju ke arah kemajuan, untuk memiliki wawasan pengetahuan tentang Bahasa dan Budaya, bagi seorang guru adalah keharusan. Guru haruslah meng-up to date diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, diantaranya adalah mengikuti kegiatan study banding "Merdeka Belajar" dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Kepala SMPN 3 Pagerwojo,
 Saling memberi cindera mata
 saat Study Banding di
 Sekolah Alam Pacitan
Kepala SMPN 3 Pagerwojo, Dr.Sri Wahyuni, M.Pd., mengatakan, program kegiatan study banding ke sekolah Alam Pacitan merupakan salah satu strategi menuju Pembelajaran "Merdeka Belajar" yang telah di laksanakan SMP N 3 Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung selama 2 hari, terhitung mulai tanggal 15 hingga 16 Februari 2020.

Berdasarkan Permen Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Tekhnis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Kegiatan Study Banding ini dimaksudkan untuk membantu  warga sekolah supaya dapat mengondisikan dirinya mengikuti tuntutan keprofesionalan seorang guru sekaligus profesi kependidkan.

"Merdeka Belajar menjadi salah satu tagline besar dalam peringatan Hari Guru Nasional 2019 yang lalu, seperti yang pernah di sampaikan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dalam menyampaikan gebrakan pembelajaran," ucapnya.

Dalam wawancaranya dengan OposisiNews, Kepala SMPN 3 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, Dr.Sri Wahyuni, M.Pd., menegaskan bahwa, keberhasilan pendidikan adalah bergantung kepada kemerdekaan dalam belajar. Esensi kemerdekaan berfikir terlebih dahulu harus ada guru, tanpa ada guru tidak mungkin kegiatan tersebut akan berjalan dengan lancar.

"Merdeka belajar adalah kemerdekaan berfikir. Guru dan siswa harus bekerjasama dalam meningkatkan kompetensi, dimulai dari pengembangan dan peningkatan kompetensi guru," tuturnya.

Di sampaikan pula bahwa, pelaksanaan pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan inovasi, hingga pengembangan potensi peserta didik, ialah dengan diberikanya keleluasaan untuk pengembangan kompetensi, maka kreativitas, kecerdasan dan kualitas anak didik akan terasah .

Lebih lanjut di sampaikan oleh Kepala Sekolah bahwa, tujuan di laksanakannya study banding tersebut untuk membantu guru dan tenaga pendidik untuk memperoleh wawasan tentang Pembelajaran "Merdeka Belajar" di Sekolah Alam, serta memotivasi guru dan tenaga pendidik untuk berinovasi di dunia Pendidikan.

"Menambah wawasan guru dan tenaga kependidikan dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan Sekolah Alam yang bersinergi dengan Pembelajaran Merdeka belajar," ungkapnya.

Sri Wahyuni berharap apa yang telah dirancang dalam kegiatan tersebut bermanfaat bagi peserta dan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan dalam bentuk study banding.

"Dengan telah di laksanakannya program kegiatan study banding ke Sekolah Alam Pacitan,peserta dapat mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan program Merdeka Belajar," pungkasnya.( Ag )

Reporter : A.purnomo.

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon