Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Distan Sikka Sebut Iklim Jadi Penyebab Utama Serangan Hama Pada Tanaman Jagung

Distan Sikka Sebut Iklim Jadi Penyebab Utama Serangan Hama Pada Tanaman Jagung

Written By BBG Publizer on Minggu, 02 Februari 2020 | 17.11

Doc.Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka . Ir.Mauritz Da Cunha
SIKKA,OposisiNews.co.id- Serangan hama Ulat Grayak pada jagung kian merebak di Kabupaten Sikka, propinsi NTT.  Potensi serangan hama ini berdampak pada kerusakan tanaman jagung dan menurunkan hasil panen yang cukup meresahkan petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Ir. Mauritz da Cunha saat dikonfirmasi OposisiNews di ruang kerjanya, Jum'at. 31/1/2020, mengatakan iklim yang tidak menentu merupakan penyebab meningkatnya intensitas serangan hama dan penyakit tanaman.

"Curah hujan yang turun tidak menentu sangat berpengaruh terhadap siklus hidup dan meningkatnya daya hidup ulat grayak, hal ini yang membuat serangan hama semakin meluas. Di Kabupaten Sikka, luas lahan yang terserang hana ulat grayak meningkat mencapai 2.066 Hektar",  kata Kadis Mauritz.

Tingkat keberhasilan pengendalian hama menggunakan pestisida sistemik maupun kontak pada kondisi sekarang menurut Kadis Mauritz sangat kecil, pasalnya populasi ulat grayak kian meningkat, selain itu, pada kondisi suhu yang cukup panas ini, ulat grayak berlindung dari sinar matahari dan mencari makan di malam hari, sehingga pengaplikasiannya tidak efektif.

Terhadap kondisi ini,  Kadis Mauritz mengatakan  Pemerintah Kabupaten Sikka akan bersinergi melakukan upaya penanganan dengan melakukan program penanaman kembali tanaman pangganti jagung seperti, kacang hijau dan tanaman pangan lainnya. Hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya gagal panen yang berdampak pada kelaparan. (ER-2)

Reporter : Ernensia
Editor.Bambang PW
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon