Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » NESTAPA SDN HEPANG DENGAN FASILITAS SEKOLAH YANG MINIM HINGGA RUMAH GURU TAK LAYAK HUNI

NESTAPA SDN HEPANG DENGAN FASILITAS SEKOLAH YANG MINIM HINGGA RUMAH GURU TAK LAYAK HUNI

Written By BBG Publizer on Jumat, 10 Januari 2020 | 09.02

Doc.Kondisi Rumah Dinas Guru di SDN Hepang Kec.Doreng. Kab Sikka - NTT
Sikka- Oposisi.News ci.id -  Pertama kali kaki menginjak halaman SDN Hepang, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Propinsi NTT yang kita rasakan hanya ' sedih dan air mata melihat kesenjangan pemerataan pendidikan yang terlalu mencolok  apa yang dialami siswa siswi kader bangsa dan fasilitas jauh dari layak rumah dinas para gurunya.

Sejumlah keluhan terhadap kondisi SDN Hepang yang serba minim, mulai dari fasilitas sekolah, rumah layak huni untuk para insan pendidik hingga kini belum digubris oleh Dindik Sikka dan Pemerintah Propensi NTT padahal sekolah tersebut telah berstatus sekolah negeri.

Namun patut dibanggakan, meskipun keseharian mereka dihadapkan dengan hambatan yang cukup besar, siswa-siswi SDN Hepang memiliki semangat yang tinggi untuk bersekolah serta didukung integritas  dan dedikasi para pengabdian 'Umar Bakri ' menjadi modal berharga dari arwah pendidikan SDN Hepang tetap berjalan hingga kini tidak seperti nasib pendidikan dasar di pulau Jawa yang harus diregrub dengan sekolah lain karena banyak faktor x.

Pemerintah dengan alokasi pendidikan yang cukup tinggi , khususnya Dindik Sikka  seharusnya tidak menutup mata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di NTT dan Indonesia umumnya, dalam hal ketersediaan fasilitas sekolah, hingga rumah dinas layak huni untuk para guru yang sudah sekian lama berada dalam  kondisi serba kekurangan.

Pantauan Oposisi.News, Kamis 9/1/2020, banyak sarana dan prasarana pendukung belajar yang belum lengkap seperti, ruang guru, perpustakaan, alat peraga, kursi dan meja belajar. Selain itu ada rumah dinas guru yang sudah tidak layak huni kondisinya tidak jauh dari rumah pengendali hama di sawah dan ladang ' Gubuk '.

Tampak kayu kayu penyangga rumdin guru SDN Hepang  telah keropos dimakan rayap, ditambah dengan atap rumah yang terbongkar diterjang angin kencang kemarin.

Informasi yang dihimpun dari warga setempat, rumah tersebut bukan dibangun oleh pemerintah tetapi dibangun atas inisiatif serta rasa peduli terhadap pendidikan warga setempat.

" Lalu Bagaimana kehadiran pemerintah selama ini ? , Dikemanakan anggaran APBN untuk pendidikan yang cukup besar di gelontorkan ? "

Dari pengakuan , Kasimilus Medo Lewar, salah seorang guru yang menempati rumah tersebut, ketika dikonfirmasi Oposisi News, mengaku telah 6 tahun menempati rumah yang tak layak huni tersebut bersama istrinya yang juga guru di sekolah tersebut berserta anak-anak.

"Saya dan keluarga saya menempati rumah ini mulai dari tahun 2014 sampai sekarang kondisinya masih seperti ini",katanya. Terkadang, tambah dia, kalau hujan dan angin kencang biasa mengungsi ke rumah kerabat di sekitar sekolah.

Sementara secara terpisah, Kepala Sekolah SDN Hepang, Paulus Arabaha, A.Ma, saat dikonfirmasi Media ini, mengakui sarana dan prasarana pada sekolah yang dipimpinnya itu sangat minim, ditambah lagi dengan rumah tak  layak huni tersebut yang hingga kini belum tersentuh sama sekali, namun lanjutnya,  dengan semangat dedikasi yang kuat, para guru tetap menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

"Memang benar kami serba kekurangan, mulai dari fasilitas sekolah hingga rumah guru. Rumah itu sudah sangat parah dan tidak bisa dihuni lagi. Saat ini mereka tinggal di ruang kelas untuk sementara waktu. Kami sudah berupaya melakukan pengajuan kepada instansi terkait untuk dilakukan rehabilitasi dan penambahan fasilitas sekolah namun belum ditanggapi", ungkap Paulus.

Terhadap kondisi ini, pihaknya berharap Pemerintah dapat memperhatikan nasib sekolahnya dengan melengkapi fasilitas sekolah serta merehabilitasi rumah dinas yang  sudah tidak layak dihuni , sebab menurutnya ketersediaan fasilitas sekolah yang cukup akan berdampak pada skill kompetensi , prestasi dan mutu siswa ,lembaga pendidikan yang baik .

Hingga berita ini dipublikasikan, pihak terkait ' Kadin Pendidikan Sikka belum dapat dikonfirmasi Oposisi.News. ( MR )

Reporter : Marten
Editor.Bambang Pw
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon