Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » LKS SMK Ke-28 Tahun 2020 Sebagai Ajang Kompetisi Siswa Serta Ajang Promosi Terbaik Dunia Pendidikan SMK

LKS SMK Ke-28 Tahun 2020 Sebagai Ajang Kompetisi Siswa Serta Ajang Promosi Terbaik Dunia Pendidikan SMK

Written By BBG Publizer on Rabu, 29 Januari 2020 | 13.18

Doc.Sodikin, M.Pd., Ketua pelaksana LKS SMK ke-28 Tahun 2029 yang di selenggarakan di SMKN1 Rejotangan.
Tulungagung.OposisiNews.co.id-Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-28 tahun 2020 yang saat ini di laksanakan di Kabupaten Tulungagung, diikuti oleh 1.552 peserta dan 992 pendamping, dengan jumlah lomba ada 60 bidang lomba. Diantara bidang lomba tersebut yakni bidang lomba Health & Social Care, Mobile Robotic, Painting, dan Pharmacy di laksanakan di SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Selasa, (28/01/2020).

Adapun tim juri Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK kali ini berasal dari Akademisi dan Profesional, diantaranya dari UNESA, IKIP Malang, ITS, P4TK,serta perusahaan robot FESCO dari jakarta, RS. Saiful Anwar, RS. Sidoarjo, dan juga dari RSUD.Dr.Iskak Tulungagung.

Ketua pelaksana kegiatan, Sodikin, M.Pd., kepada OposisiNews mengatakan, ada 4 bidang lomba yang di laksanakan di SMKN 1 Rejotangan, yakni bidang lomba Health & Social Care, bidang lomba Mobile Robotic, bidang lomba Painting, serta bidang lomba Pharmacy.

"Dari masing-masing bidang lomba, ada 52 lembaga pendidikan negeri/swasta di jatim yang mengikuti bidang lomba di SMKN 1 Rejotangan.

Doc.Bidang Lomba Robotik pada LKS SMK
Sementara dari SMKN 1 Rejotangan sendiri memberangkatkan 1 tim yang beranggotakan 3 peserta pada bidang lomba Tehnik Elektronika Industrial yang lokasi lombanya bertempat di SMKN 1 Bandung," ucapnya.

Lebih lanjut Sodikin menyampaikan, dengan dilaksanakannya Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-28 tahun 2020, secara umum para siswa akan mempunyai skill pada bidang pendidikannya. Secara luas kegiatan LKS ini akan memicu siswa untuk lebih semangat dalam belajar, sehingga nantinya mereka terpanggil untuk bisa ikut kompetisi di berbagai nominator kompetisi selanjutnya dan berprestasi.

" Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi, karena secara tidak langsung kita akan kenal dengan lembaga SMK di jatim, dengan demikian kita akan menjalin persahabatan dan kompetisi, tetapi tetap menjunjung tinggi sportifitas. Juara bukan yang utama, yang penting anak-anak punya skill yang bisa di kembangkan pada saat dia lulus nanti.

Pada kesempatan yang sama Kepala SMKN1 Rejotangan mengatakan bahwa, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke - 28 kali ini, sebagai ajang untuk menimba ilmu secara langsung di lapangan, selain itu kegiatan LKS juga akan memberikan spirit,menambah semangat untuk lebih meningkatkan kedisiplinan seperti yang telah lolos pada tingkat kompetisi.

"LKS merupakan ajang kompetensi siswa. Kompetensi merupakan ketrampilan,kemampuan,inovasi anak dalam melakukan dan menyelesaikan suatu kegiatan baik berupa jasa atau suatu produk," tuturnya.

Ia juga menyampaikan tentang banyaknya manfaat pada kegiatan LKS ini, di antaranya pembenahan sarana yang sesuai standard nasional. Dengan di selenggarakannya bidang lomba Health & Social Care, bidang lomba Mobile Robotic, bidang lomba Painting, serta bidang lomba Pharmacy otomatis pihaknya  melengkapi kebutuhan tersebut.

"walaupun kita belum punya akhirnya kami sudah persiapkan kebutuhannya sehingga bila suatu saat akan buka jurusan baru kami sudah siap," ucap Hanafi.

Selain itu pada kegiatan LKS SMK Ke-28 tahun 2020, yang mana SMKN1 Rejotangan ketempatan sebagai salah satu lokasi/tempat di selenggarakannya lomba, Hanafi mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai motivasi bagi semua baik karyawan maupun siswa. Selain itu dengan di selenggarakannya LKS merupakan ajang promosi paling murah.

"Kami selaku penanggung jawab lokasi, all out dari semua sisi.Pada sisi tempat kita utamakan proaktif dalam semua pelayanan, dan untuk mengetahui unjuk kerja para guru.Karena Roh dari sebuah kompetensi ya di LKS ini," tandasnya.

Hanafi menambahkan, selain sebagai tempat di selenggarakan LKS tahun 2020, SMKN1 Rejotangan juga akan mendapatkan kunjungan dari siswa-siswi SMP sekitar .

"Kita kedatangan dari SMP sekitar, maka dari itu kegiatan ini juga bisa sebagai ajang promosi bagi kami. Kita tunjuk kan bahwa SMK itu lo seperti ini, pembelajarannya seperti ini, dan ini sangat linier dengan program Gubernur Jawa Timur Ibu Kofifah tentang pendidikan vokasi dari Bpk. Wakid Wahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang baru," pungkas hanafi. ( PR )


Reporter : A. Purnomo.
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon