Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » AKSI NYATA UPT KPH SIKKA, FASILITASI PENGHIJAUAN DIHUTAN LINDUNG EGON ILINMEDO

AKSI NYATA UPT KPH SIKKA, FASILITASI PENGHIJAUAN DIHUTAN LINDUNG EGON ILINMEDO

Written By BBG Publizer on Minggu, 12 Januari 2020 | 09.23

Doc.Aktivis pecinta alam Maumere yang terlibat aktif dalam aksi penghijauan, Jumat 10/01/2020. 
Maumere, oposisinews.co.id - Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelola Hutan (UPT KPH) Sikka, melakukan kegiatan penghijauan di kawasan hutan lindung Egon Ilinmedo, pada hari Rabu 08 Januari 2020 dan Jumad 10 Januari 2020.

Aksi menanam ini di hutan lindung Egon Ilinmedo , hamparan hutan Blindit-Waigete dengan memanfaatkan bibit tanaman produksi gratis  jenis Mangga, Jambu Kristal, Lengkeng, Jambu Air dan Sirsak yang diberikan oleh Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) NTT. Rabu 08/01/2020 pukul 09.00 Wita

Doc.Aksi penghijauan di area hutan Blindit , 
kawasan hutan lindung Egon Ilinmeso
Kegiatan penghijauan di awal tahun 2020 ini  melibatkan seluruh staf UPT KPH Sikka dipimpin langsung oleh Kepala UPT KPH Kabupaten Sikka, Herry Siswadi  S.Hut dan mendapat  respon positip dari berbagai kalangan aktifis dan akademis pecinta lingkungan di Kabupaten Sikka.

Karena sempat terhalang oleh hujan dan kabut tebal yang menutupi area penghijauan. Aksi tanam dari UPT KPH Sikka tersebut kemudian berlanjut pada Jumat 10 Januari 2020 dan melibatkan belasan aktivis pencinta alam Maumere. Lebih dari 500 bibit berhasil ditanam, dari target sejumlah 1500 yang akan ditanam di area tersebut.

Doc.Heri Siswadi ,KUPT
KPH Sikka ikut aksi
Tanam hutan
Heri Siswadi, Kepala UPT KPH Sikka, ketika dikonfirmasi Oposisi News mengatakan kegiatan penghijauan tersebut akan terus berlanjut. " Kegiatan penghijauan ini juga tidak hanya berkonsentrasi dikawasan hutan Blidit saja.

Setelah target tanam dikawasan hutan Blidit ini selesai, akan ada penghijauan lanjutan ke kawasan lain. Dan sudah diagendakan selanjutnya adalah penghijauan dikawasan hutan Wairterang, Doreng, Kloangpopot, dan beberapa kawasan hutan lainnya.

"Kita libatkan juga kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang berada di area hutan lindung untuk turut serta aktif dalam menanam dan memelihara bibit tanaman produktif tersebut. " Terang KUPT KPH Sikka
                       
Menurut salah satu staf UPT KPH, target jangka panjang dari kegiatan penghijauan tersebut adalah mencegah bencana banjir, sedangkan tujuan jangka pendek adalah merehabilitasi kawasan akibat kebakaran serta membuka potensi baru untuk wisata alam berbasis jasa lingkungan dalam hamparan hutan Blidit tersebut.

Untuk diketahui penanaman bibit tanaman dikawasan hutan lindung Egon Ilinmedo yang memiliki luas lebih dari 19 ribu hektar ini sudah mencapai lebih dari 22 ribu anakan pohon berbagai jenis. Meski sempat mengalami musibah kebakaran ditahun sebelumnya, sudah ada tindakan penyulaman tanaman untuk mengganti anakan pohon yang terpapar api.

Sebagian dari aktivis komunitas pecinta alam Sikka merespon positif dengan melibatkan semua anggotanya untuk berperan aktif ambil bagian mensukseskan penghijauan di hutan lindung Egon Ilinmedo. ( SB )

Reporter.Santos Buchan
Editor.Bambang PW
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon