Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » , » Patroli Bersama 3 Pilar Guna Wujudkan Kamtibmas Jelang Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020

Patroli Bersama 3 Pilar Guna Wujudkan Kamtibmas Jelang Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020

Written By BBG Publizer on Rabu, 25 Desember 2019 | 20.57

Doc.Apel bersama tiga pilar TNI,Polri dan DPRD ,Rabu 25/12/2019
Malang .OposisiNews.co.id- Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, S.I.K, M.Si, memimpin pelaksanaan patroli bermotor bersama Bupati Malang, Dandim 0818 Malang-Batu dan Ketua DPRD Kabupaten Malang untuk memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Malang. Patroli dilakukan untuk pengamanan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru).

"Patroli bersama ini adalah bagian dari Operasi Lilin Semeru 2019. Kami bersama aparat TNI dan dibantu oleh instansi lainnya melakukan patroli bersama sebagai upaya untuk menjaga situasi Kamtibmas yang Aman, Nyaman dan Kondusif jelang Natal dan tahun baru," tutur Ujung saat melakukan patroli, Rabu 25/12/2019.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Malang beserta rombongan serta unsur terkait mengunjungi sejumlah gereja guna memantau langsung pelaksanaan sterilisasi gereja sebelum dilaksanakan kegiatan misa natal.

Selain memantau pelaksanaan pengamanan, usai Forpimda memberikan pengarahan langsung kepada seluruh personil pengamanan baik dari Polri, TNI, Satpol PP, dan PotMas, Kapolres Malang beserta rombongan juga berkomunikasi langsung dengan pimpinan gereja serta memastikan kesiapan anggota yang melaksanakan pengamanan.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Malang AKP Ainun Jariyah, saat di konfirmasi OposisiNes.co.id mengatakan, kegiatan patroli digelar sebagai bentuk sinergi meningkatkan keterpaduan dan profesionalisme dalam rangka memantapkan stabilitas keamanan nasional.

"Selain menjaga situasi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), kegiatan ini sekaligus untuk menyapa warga demi mendekatkan aparat dengan masyarakat agar tercipta sinergitas dalam menjaga stabilitas kamtibmas khususnya di Malang," kata Ainun Jariyah, Kadubag Humas Polres Malang yang terkenal sangat dekat dengan masyarakat khususnya melenial itu. (SO)

Reporter .Soleh
Editor.Bambang PW
Home » » Operasi Lilin 2019 Candi Singosari Menjadi Ikon PosPam dan PosYan Polres Malang

Operasi Lilin 2019 Candi Singosari Menjadi Ikon PosPam dan PosYan Polres Malang

Malang .OposisiNews.co.id - Ada yang unik dan menarik dari 5 Pos Pengamanan (PosPam) dan Pos Pelayanan (PosYan) Operasi Lilin Semeru 2019 di Polres Malang. Pos Pengamanan yang dibuat Polres Malang ini mengangkat tema kearifan lokal Kabupaten Malang yang terkenal dengan sejarahnya yaitu Kerajaan Singosari.

Menutut Keterangan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, perihal pembuatan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang berbentuk Candi Singosari tersebut dalam rangka operasi lilin pengamanan natal 2019 dan tahun baru 2020.

"Pospam dan Posyan sengaja kami bentuk sama dengan mengangkat tema Candi Singosari, tentunya untuk mengenalkan kebudayaan Kabupaten Malang dalam rangka pengamanan natal 2019 dan tahun baru 2020," ujar Ujung, Rabu 25/12/2019.

"Karena kerajaan Singosari ini sangat terkenal dan begitu masyhur. Maka kami angkat Candi Singosari sebagai ikon PosPam dan PosYan selama Operasi Lilin Semeru tahun ini," tambahnya.

Menurut Ujung, keberadaan pospam berbentuk Candi Singosari sangat diminati banyak masyarakat. Bahkan terlihat beberapa masyakat mampir ke pospam untuk bersua poto.

"Beberapa masyarakat terlihat banyak yang mampir ke pos pengamanan hanya sekadar berselfie ria," beber Kapolres Malang Ujung.

Selama Operasi Lilin Semeru 2019, lanjut Ujung, terdapat 5 titik PosPam. PosPam 1 berada di Exit Tol Lawang. Pos Pam 2 berada di kawasan Pasar Singosari. Pos Pam 3 terdapat di Simpang Empat Kepuharjo. Pos Pam 4 disekitar Exit Tol Pakis. Pos Pam 5 di depan Pasar Kota Kepanjen.

"Sementara satu Pos Pelayanan kita tempatkan di Exit Tol Singosari atau Karanglo," beber Ujung.

Sementara itu, Bupati Malang H. M. Sanusi sangat mengapresiasi inisiatif Polres Malang yang membuat Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Lilin Semeru 2019 bertemakan Candi Singosari.

"Saya sangat mengapresiasi atas inisiatif yang dilakukan Polres Malang, memperkenalkan kebudayaan Malang sekaligus dalam melaksanakan pengamanan," pungkasnya. (SO)
Home » » MALAM NATAL FORKOPIMDA ,TNI-POLRI SIDOARJO CROSCEK KEAMANAN GEREJA

MALAM NATAL FORKOPIMDA ,TNI-POLRI SIDOARJO CROSCEK KEAMANAN GEREJA

Doc.Bupati ,Forpimda , TNI-POLRI Kab.Sidoarjo croscek keamanan Greja , Selasa 24/12/2019
SIDOARJO ,-OposisiNews.co.id -Kekompakan sinergitas Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dalam memberikan rasa aman dan nyaman, kepada masyarakat yang menjalankan ibadah malam Natal 2019, dilakukan dengan pengecekan gereja pada Selasa 24/12/2019.

Kehadiran Forkopimda Kabupaten Sidoarjo ke beberapa gereja ini disambut hangat umat Kristiani. Seperti disampaikan Stevanus, jemaat Gereja Santo Paulus, Gedangan, Sidoarjo, bahwa merasa aman dan begitu khidmat menjalankan ibadah malam Natal dengan kehadiran Bupati, TNI, Polri beserta rombongan. Bahkan aparat keamanan dengan tulus menjaga rangkaian ibadah Natal di gereja.

Rombongan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo pada pengecekan gereja, antara lain Bupati Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Ketua FKUB Kabupaten Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, jajaran TNI di Kabupaten Sidoarjo, Satpol PP, Ketua PC GP Ansor Sidoarjo, dan beberapa dari instansi terkait lainnya.

Pengecekan gereja di malam Natal ini, menurut Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho guna memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan rangkaian ibadah di Hari Raya Natal.

“Melalui sinergitas kami dengan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, yang hadir bersama-sama guna pengecekan gereja sebagai upaya menjaga situasi kamtibmas selama Hari Raya Natal di wilayah Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sidoarjo Saiful Illah yang turut serta melakukan pengecekan gereja di malam Natal mengatakan, bahwa sinergitas dan toleransi yang kuat di Kabupaten Sidoarjo seperti tampak pada malam Natal ini. “Saling menghormati, saling menjaga, serta saling memberikan ruang bagi agama lain dalam menjalankan ibadahnya. Dengan begini Kabupaten Sidoarjo dapat aman terus,” pungkasnya.(bg).
Home » , » Sampah Terpadu Ubah Prilaku Warga

Sampah Terpadu Ubah Prilaku Warga

Malang OposisiNews - Pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat yang diinisiasi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) melalui Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu reduce, reuse, recycle (TPST-3R) mampu mengubah perilaku warga.

Selain dapat mengubah prilaku warga untuk hidup bersih dan sehat, keberadaan TPST-3R  manfaatnya juga langsung dirasakan masyarakat. Hal itu diungkapkan Ketua TPST-3R Sumber Sehat, Desa Sumber Pasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Ketua TPST-3R Sumber Sehat Sugiono menjelaskan. "sebelum dibangun TPST-3R masyarakat membuang sampah secara sembarangan. Namun setelah adanya TPST-3R, masyarakat diajak untuk mengubah prilaku menjadi membuang sampah pada tempatnya," kata Sugiono kepada OposisiNews pada Selasa 24/12/2019.

"Selain dapat mengurangi kuantitas sampah yang ada di lingkungan masyarakat, TPST-3R juga memberikan manfaat dalam pembelajaran pengelolaan sampah kepada masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. melakukan pengelolaan 3R terhadap sampah yang mereka hasilkan," bebernya.

"Dengan penuh perjuangan dan kerja keras, Lanjut Sugiono, kita mengelola SKM ini semenjak 2014, dan ini bukan hal yang mudah. Oleh karena itu saya meminta kepada dinas terkait supaya TPST ini tetap di kelola KSM Sumber Sehat," tambahnya.

TPST-3R  SKM dibangun pada 2014 yang terdiri dari bangunan tempat pengolahan sampah dan kantor, prasarana berupa motor pengangkut sampah. Tempat pengelolaan sampah tersebut dikelola oleh KSM Sumber Sehat.

Keberadaan TPST-3R Sumber Pasir telah memecahkan masalah sampah di daerah yang padat penduduk dalam mengurangi sampah yang berasal dari sumbernya. Hal itu menciptakan lingkungan yang bersih, meningkatkan nilai kesehatan dan kenyamanan warga.

Di sisi lain, Keberadaan TPST tersebut dinilai dapat memberikan manfaat pengelolaan bank sampah guna mengurangi dampak penumpukan sampah yang terjadi di lingkungan sekaligus meningkatkan sumber kehidupan masyarakat sekitar Desa Sumber Pasir, Kecamatan Pakis. (SO)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon