Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Ketua DPC AWPI Malang Raya Berikan Ucapan Selamat Dan Apresiasi Kepada Ketua Umum AWPI Hengki Ahmad Jazuli

Ketua DPC AWPI Malang Raya Berikan Ucapan Selamat Dan Apresiasi Kepada Ketua Umum AWPI Hengki Ahmad Jazuli

Written By BBG Publizer on Jumat, 29 November 2019 | 19.58

Malang Oposisinews.co.id - Orfanisasi Pers Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) kini memiliki ketua Umum yang baru yakni Hengki Ahmad Jazuli dalam masa Periode 2019-2024.

AWPI Malang
Atas terpilihnya Hengki Ahmad Jazuli, sebagai Ketua Umum, Ketua DPC AWPI Malang Raya beserta jajarannya mengucapkan selamat serta memberikan Apresiasi kepada ketua Umum yang baru, hal tersebut di sampaikan oleh Sri Agus Mahendra selaku ketua AWPI Malang Raya pada Jumat, 29/11/2019.

Menurutnya, lanjut S. A. Mahendra, "Ketua Umum yang terpilih adalah sosok yang benar- benar memahami tentang jurnalis dan organisasi pers secara profosional di bidang pers, dia sudah memiliki gelar utama hasil UKW Dewan Pers, memiliki dua media cetak harian, empat media online di organisasi, pernah menjabat kurang lebih dua tahun sebagai Bendahara DPD AWPI Lampung dan dua tahun ketua DPD Lampung,” terang Hendra.

“Dengan terpilihnya ketua umum yang baru semoga AWPI lebih maju dan kompak, rukun selalu dengan mengedepankan kekeluargaan dan nantinya kita semua benar-benar bisa menjadi keluarga besar, baik mulai dari tingkat anggota, pengurus dari tingkat DPP, DPD, DPC dan sterusnya,” harap Mahendra pria yang juga menjabat sebagai Wadan Press Guard DPP AWPI tersebut.

Sebagai Ketua DPC yang juga turut hadir dalam kongres S. A. Mahendra juga mengungkapkan bahwa terpilihnya ketua yang baru di hasilkan Melalui proses kongres luar biasa, AWPI yang digelar pada 27-28 November 2019 di Hotel Novotel Bandar Lampung.

"tentunya  melaului meknisme sesuai dengan Agaran Dasar Angaran Rumah Tangga AD/ART AWPI secara aklamasi berdasarkan jumlah peserta yang memiliki hak suara, dalam pandangan umum yang terdiri dari 61 peserta kongres dengan rincian 57 dari anggota DPC dan DPD ditambah 4 unsur perwakilan dari dewan pendiri dan pengurus DPP AWPI menghasilkan 60 suara ke Hengki dan 1 suara ke Ir.Nadiyanto," tambahnya.

Usai pelaksanaan Kongres Luar Biasa, empat (4) pimpinan sidang masing-masing, Samadi Ng Adyana, Budi Sudiarto, Agus Subaryono, Yaqutina Kusumawardani kemudian melantik Hengky Ahmad Jazuli sebagai Ketua Umum DPP AWPI terpilih tersebut, setelah terpilih.

Sementara Hengki Ahmad Jazuli, yang terpilih menjadi Ketua Umum DPP AWPI Periode 2019-2024 berjanji akan memperjuangkan AWPI agar sejajar dengan lembaga seprofesi lainnya dan teregistrasi di Dewan Pers.

"saya akan membentuk jajaran DPD dan DPC di wilayah yang belum lengkap juga memberikan pendidikan dan pelatihan bagi setiap calon anggota AWPI, termasuk juga memberikan perlindungan hukum kepada anggota,” tegas Hengki Ahmad Zazuli.

Usai pelantikan Ketua Umum terpilih, dilanjutkan dengan pelantikan pengurus DPC AWPI Bandar Lampung, DPC AWPI Way Kanan, DPC AWPI Pesisir Barat, DPC AWPI Pesawaran dan DPC AWPI Tersebut Hengky ketua umum terpilih juga mengajak ketua umum periode yang lalu Ir,Nadiayanto dan teman teman yang lain untuk kembali bersama sama membesarkan AWPI. (Soleh)
Home » » Anggatra Bhumi Luhur Manembah

Anggatra Bhumi Luhur Manembah

Sebuah Sengkalan
Patung petani membajak sawah di taman wisata Dungus . kabupaten Ngawi - Jawa Timur

Ngawi,OposisiNews.co.id - Menomenal ketika Pemkab Ngawi memberi sentuhan seni berupa patung ' Petani membajak sawah dengan dua Kerbau besarnya ' dipintu masuk kota Ngawi tepatnya di Taman wisata Dungus , wana wisata santai diakir pekan bersama keluarga.
Direktur PT DLIK & Oposisi

Tidak ingin ditafsirkan negatif keberadaan patung petani dengan kerbaunya , Dinas LH yang membidangi pekerjaan itu melalui rekanan PT Dwi Laksana Indah Karya yang mengerjakan terpasang lah prasasti ANGGATRA BHUMI LUHUR MANEMBAH yang menceritakan makna yang tersirat dari patung itu.

Prasasti 
Anggatra Bhumi Luhur Manembah merupakan Bahasa Kawi atau Jawa Kuna, sedangkan dalam Bahasa Indonesia berarti “Berbakti Luhur dengan Mengolah Tanah”.

Mengapa sengkalan tersebut dipilih untuk menandai Taman Dungus di Negeri Ngawi Ramah.

Diketahui bahwa 72% tanah di kabupaten Ngawi berupa sawah, hutan dan perkebunan yang menyerap 76% tenaga kerja.

 Dan sudah jamak dikenal kebanyakan penduduk Negeri Ngawi Ramah bekerja sebagai among tani dengan mengolah sawah mereka, bercocok tanam padi.

Dengan sekilas pandang tersebut dipilih suatu ikon, penanda Taman Dungus Negeri Ngawi Ramah dengan patung Tani yang sedang membajak, tentunya dengan alat utama bajak, dalam Bahasa Jawa Luku, yang dihela 2 ekor kerbau.

Luku dalam bahasa Jawa biasa disebut bajak. Berawal dari kata laku atau mlaku yang artinya orang membajak sawah

ibaratnya adalah orang yang sedang memulai sebuah kehidupan, yang memiliki falsafah penting bagi para among tani yang hidup di Negeri Ngawi Ramah, yang termasyur dengan negeri agraris, negeri tetanen.

Ada 7 bagian dari sebuah luku, yaitu: gagang, pancadan, tanding, singkal, kejen, olan-aling dan rancuk.

Gagang (Pegangan), bahwa manusia hidup mesti memiliki pegangan ilmu;

Pancadan (Jejakan) berarti ilmu yang dimiliki tadi tentu harus diamalkan; tanding (membandingkan), dalam bertindak selalu bisa membandingkan mana yang benar mana yang salah, mana yang utama mana yang nista; singkal (sing nganggo akal/gunakan akal budi), akal budi digunakan untuk selalu bisa mawas diri atau instropeksi: kejen (kasawijen/pemusatan/fokus), dalam melakukan suatu hal harus dengan tekat yang kuat dan sunggung –sungguh, olang-aling (terbuka tabirnya), bila dalam bertindak bersungguh-sungguh dan ajeg mengamalkan lima hal tersebut di atas maka tersibaklah tabir kehidupan yang sejati atau sejatinya kehidupan, racuk (ngarah sing pucuk/mencapai yang ujung luhur).

Akhirnya dalam perjalanan hidupnya manusia sempurna akan selalu melakukan yang terbaik bagi dirinya, bagi sesama dan bagi Tuhannya. ( Red** )
Home » , , , » HUT Muara Enim, Momen Evaluasi dan Instropeksi

HUT Muara Enim, Momen Evaluasi dan Instropeksi


Muara Enim, oposisinews.co.id - Upacara Hari Jadi Kabupaten Muara enim Ke-73 yang diselenggarakan di lapangan Merdeka Muara Enim berlangsung dengan khidmat, Rabu (20/11/19).

Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH dalam sambutannya mengatakan, momentum ulang tahun ini juga memiliki maksud khusus.

"Ini adalah tahun kedua saya mengabdi di Pemkab Muara Enim. Bersama-sama kita membangun kinerja dalam mewujudkan Muara Enim untuk Rakyat (merakyat). Muara Enim yang agamis, berdaya-saing, mandiri, sehat, dan sejahtera," ujar Juarsah.



Lebih lanjut Juarsah menegaskan, tanpa partisipasi masyarakat dan dukungan dari stakeholder lainnya, tentu pembangunan di Bumi Serasan Sekundang tidak mungkin terealisasi.

"Dukungan dari FKPD Kabupaten Muaraenim, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Muaraenim, BUMN, BUMD, BUMS, LSM dan Insan Pers, secara sinergis dan bersama-sama menciptakan situasi kondusif di Bumi Serasan Sekundang yang kita cintai ini," ungkapnya.

Selain upacara peringatan hari jadi Kabupaten Muara Enim, kegiatan ini juga memperingati Hari Ulang Tahun Korpri Ke-48, Hari Kesehatan Nasional Ke-55, Hari Guru Nasional Ke-26, dan Hari Kesetiakawanan Nasional Ke-61 Tahun 2019.



Dalam pesannya, Juarsah mengingatkan Hari Kesehatan Nasional Ke-55, untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan sangat penting. 

"Semua komponen masyarakat harus berperan aktif mengupayakan kesehatan, dan memprioritaskan tindakan preventif tanpa mengabaikan kegiatan pengobatan kuratif dan rehabilitatif," ujar Juarsah.

"Dengan ucapan rasa syukur, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Muaraenim Ke-73 ini kita jadikan momentum dan bahan introspeksi dan evaluasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara," imbuhnya.



Setelah upacara, jajaran Pemkab menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD tahun 2019, yang dihadiri Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, dan pelepasan secara simbolis Festival.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan harapannya untuk Kabupaten Muara Enim agar lebih maju dan mengalami peningkatan prestasi.

"Selamat ulang tahun Muara Enim semoga semakin maju dan jaya. Saya nantikan di ultah ke-74 rapor terbesar adalah penurunan kemiskinan. Apapun yang kita improvisasikan terhadap anggaran tentu harus punya target salah satunya penurunan kemiskinan. Muara Enim sudah mengarah ke sana, tinggal bagaimana mengawasinya," tandas Herman.

Acara peringatan tersebut ditutup acara Malam Penganugerahan Insan Berprestasi. 
(adv/Parlin)
Home » » HOAK PENCULIKAN ANAK KAPOLRESTA SIDOARJO CEK PENGAMANAN SEKOLAH

HOAK PENCULIKAN ANAK KAPOLRESTA SIDOARJO CEK PENGAMANAN SEKOLAH

Kapolres Sidoarjo tinjau personil di SDN Tambakrejo,waru . Sidoarjo. Jum'at 29/11/2019
Sidoarjo - OposisiNews.co.id - Guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap anak di lingkungan sekolah,  pagi, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mendatangi Madrasah Ibtidaiyah NU dan SD Negeri Tambakrejo, Waru, Sidoarjo.jumat , 29/11/2019.

Kehadiran Kapolresta Sidoarjo ke sekolah tersebut, selain mengecek personelnya yang bertugas menjaga sekolah di wilayah Waru, Sidoarjo. Juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman ke masyarakat.

Dihadapan guru dan murid, Kapolres menjelaskan bahwa beredarnya informasi di media sosial terkait percobaan penculikan anak di beberapa wilayah Waru adalah hoax. Karenanya masyarakat tidak perlu resah, dan bijak dalam bermedia sosial.

"Adik-adik pelajar tidak perlu takut, karena polisi ada di dekat kalian. Jangan mudah percaya dengan bujuk rayu orang yang belum dikenal," pesan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di depan siswa-siswi.

Selain itu, para siswa juga dihimbau saat berangkat dan pulang sekolah dihantarkan oleh orang tua sendiri. Serta jika ada kejadian darurat, masyarakat bisa memanfaatkan call center Polresta Sidoarjo melalui 110 atau nomor handphone 08155100110 dan aplikasi Delta Siap Polresta Sidoarjo yang dapat di download via smartphone berbasis android.

Kepala Sekolah MINU Tambakrejo M. Abdul Kholik menyatakan terima kasih kepada polisi, yang telah menjaga siswa-siswinya mulai dari jam kedatangan sekolah dan pulang sekolah.

Ungkapan senada juga disampaikan kepala sekolah SDN Tambakrejo Fatimah, saat ini sekolahnya aman ditambah lagi ada Polisi dari Polres Sidoarjo yang siaga di sekolah, tentu pihak guru, orang tua dan pelajar tidak perlu takut lagi.katanya ( bag ).
Home » » RESTORASI ARSIP SEBAGAI UPAYA MENGHINDARKAN DARI KERUSAKAN

RESTORASI ARSIP SEBAGAI UPAYA MENGHINDARKAN DARI KERUSAKAN

SIDOARJO-OposisiNews.co.id -Dengan Restorasi arsip  "Selamatkan Arsip Vital Kita Guna Meningkatkan Pelayanan Publik, diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa, Kamis 28/11/2019.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sidoarjo Meidi Yulianto menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kesadaran untuk menjaga dan menyelamatkan arsip vital karena arsip-arsip ini merupakan bahan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan dari waktu ke waktu.

"Restorasi merupakan cara untuk menjamin keselamatan dan kelestarian arsip pada pencipta arsip dari berbagai faktor perusak arsip baik yang bersumber dari faktor internal maupun faktor eksternal guna meningkatkan pelayanan publik sehingga menjadikan arsip sebagai memori kolektif bangsa sebagai bukti akuntabilitas kinerja" paparnya.

Pada kesempatan ini pula dilaksanakan penyerahan hasil restorasi arsip oleh Bupati Sidoarjo dengan didampingi wakil bupati Sidoarjo H.Nur ahmad Syaifuddin, SH, Kepala Perpustakaan dan Arsip, Kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo berupa Arsip atau Kelahiran, Desa Tropodo Kecamatan Krian berupa Arsip Letter C Tahun 1982 dan yang terakhir Kelurahan Juwetkenongo Kecamatan berupa Arsip Letter C Tahun 1939

Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH.M.Hum menyampaikan
penyelenggaraan kearsipan nasional yang bermutu menjamin penyelamatan bahan pertanggungjawaban guna mendukung kepentingan manajemen pemerintah dan pembangunan.

"Restorasi arsip ini memiliki arti yang sangat penting dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan mutu dan implementasi penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengingat arti penting karena merupakan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintah yang wajib dipelihara dan diselamatkan keberadaannya" .tambahnya

Bahan yang digunakan untuk kegiatan restorasi arsip ini adalah dengan menggunakan tisu Jepang dan lem CMC, setelah arsip ditata rapi diatas papa kemudian dilapisi tisu jepang dan dilapisi lem CMC, kemudian dikeringkan setelah itu dirapikan dan dijahit pinggirnya sampai menyerupai bentuk buku.

Kegiatan restorasi ini telah dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Desa Tropodo Kecamatan Krian dan Kelurahan Juwetkenongo Kecamatan Porong dan selanjutnya dilakukan kegiatan restorasi kembali secara berkala dan berkelanjutan.katanya (bag).

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon