Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » BUPATI FLOTIM: PENGGUNAAN ANGGARAN HARUS BERFOKUS PADA DAMPAK NYATA

BUPATI FLOTIM: PENGGUNAAN ANGGARAN HARUS BERFOKUS PADA DAMPAK NYATA

Written By BBG Publizer on Selasa, 26 November 2019 | 20.29

Bupati Flores Timur. Antonius H Gege Hasjod.St
Flores Timur, OposisiNews.co.id-  Penggunaan anggaran harus berfokus  pada dampak nyata yang dapat dirasakan, bukan sekedar apa yang dikerjakan dan harus betul – betul dominan untuk kegiatan utama, bukan habis untuk kegiatan – kegiatan pendukung.

Hal itu disampaikan Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon, ST, dalam sambutannya pada kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Vertical, Kementerian/Lembaga Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Larantuka, Tahun Anggaran 2020 di lantai 2, Aula Kantor KPPN Larantuka, Selasa 26 Nopember 2019. Disaksikan oleh Kepala KPPN Larantuka, Nur Aida, total DIPA yang diserahkan Bupati Anton Hadjon sebanyak 51 buah dengan pagu sebesar Rp. 350,5 miliar. Pagu ini mengalami kenaikan sebesar 1,2 miliar dibandingkan dengan tahun anggaran 2019 sebesar, Rp. 349, 3 miliar.

Bupati Anton  mengatakan implementasi APBN tahun 2020 tentu saja memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama Kepala Satuan Perangkat Daerah, Kepala Daerah dan Jajaran yang menjadi penanggungjawab program – program pembangunan yang telah direncanakan dalam tahun 2020, untuk mencapai target pembangunan dalam memacu pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran dan kemiskinan serta pencegahan  dan penurunan stunting.

Dikatakan Undang – Undang nomor 20 Tahun 2019 tentang APBN tahun 2020 telah disahkan  di Jakarta pada tanggal 18 Oktober 2019 oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo, yang menandai dimulainya kegiatan pelaksanaan anggaran tahun 2020.
Hal ini sejalan dengan Tema dari kebijakan fiskal di tahun 2020 adalah “APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan  Kualitas Sumber Daya Manusia 
 “ Inovasi dan penguatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan faktor kunci dalam menegakkan kerangka pembangunan yang kuat dan kredibel, memacu perekonomian tumbuh lebih tinggi, menggairahkan investasi  dan mendorong daya saing". 

DIPA, kata Bupati Anton Hadjon akan menjadi dasar pengeluaran dan pencaiaran dana, dengan semangat APBN kita adalah sehat dan mandiri.

“Untuk itu gunakan alokasi dana itu dengan baik dan akuntabel guna meningkatkan  kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pembangunan, ujar Bupati Anton Hadjon.

Ia berharap setiap satker dapat mempersiapkan dengan baik program kegiatan untuk tahun 2020, sehingga dapat berjalan efektif sejak awal Januari 2020.

 “Mudah – mudahan DIPA Tahun 2020  ini bisa dimanfaatkan  secara  maksimal mungkin bagi seluruh Satker Wikayah Kabupaten Flores Timur  dan Kabupaten Lembata.  Untuk itu saya ingatkan  kepada pengguna DIPA tahun 2020 untuk berhati – hati  dalam menggunakan dana tersebut, karena aturan semakin ketat, dan semoga penyerapan  anggaran tahun 2020 bisa berjalan dengan baik. Ujarnya . (AL-01)
Home » » BANGUN SINERGITAS, GURU DI GUGUS 05 HEPANG BERKALABORASI RAYAKAN HUT GURU NASIONAL

BANGUN SINERGITAS, GURU DI GUGUS 05 HEPANG BERKALABORASI RAYAKAN HUT GURU NASIONAL


SIKKA, Oposisi News.co.id-  Guru di beberapa sekolah yang tergabung dalam Gugus 05 Hepang yang tersebar di Kecamatan Doreng, membangun sinergitas dengan berkalaborasi merayakan Hari Guru Nasional, dengan mengangkat tema "Peran Guru Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul"

Kegiatan tersebut diawali dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Pengawas Pembina UPT Pendidikan Kecamatan Doreng dan Kecamatan Mapitara, Markus Miskin, S.Pd, bertempat di Halaman SDK Doreng, Desa Nenbura, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Senin,25/11/2019.

Markus Miskin dalam wejangannya menyebut, guru merupakan mitra Pemerintah dalam memajukan pendidikan dan menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana agar tercapai sinergi yang optimal demi pendidikan yang bermutu.

Markus mengajak kepada guru untuk berinovasi dalam menjalankan tugasnya. Ia mengingatkan selalu menjaga hubungan baik antar sesama guru, tanpa membedakan-bedakan status guru pegawai negeri maupun guru honor. Lanjutnya, kepada para guru agar mampu melakukan inovasi-inovasi yang bermanfaat dalam bidang pendidikan yang bermula dari dalam kelas.

Sementara itu, Ketua PGRI Gugus 05 Hepang, Ruben Sergius, S.Pd menyebut momentum tersebut merupakan momentum yang berharga serta menggugah semangat guru dalam peningkatan kinerja serta semangat dedikasi guru sebagai insan pendidik yang professional.

"Peran guru tidak hanya mendidik, guru juga adalah obor di tengah masyarakat. Sebagai penerang bagi masyarakat yang mengalami kegelapan, terlibat menyelesaikan persoalan. Guru juga sebagai pemandu di tengah masyarakat untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.

Selanjutnya, terhadap guru honor, Sergius  harap agar tetap bersemangat dan pertahankan dedikasi guru, karena peran dan fungsi guru honor dan guru pegawai negeri itu sama dan satu dalam wadah PGRI; dan terhadap Pemerintah, Sergius berharap nasib guru honor dapat diperhatikan dengan baik, selain materi juga diberikan kemudahan dalam pengembangan karir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Nenbura, Petrus Petu, Perwakilan Kecamatan Doreng, siswa-siswi  SD dan SMP Gugus 05 Sekecamatan Doreng serta tamu undangan.

Kegiatan tersebut warnai dengan atraksi dan tarian dari siswa-siswi SD dan SMP yang berlangsung kidmat dan meriah.  ( AL-01)
Home » » PROYEK SALURAN SELO-TAWUN SYARAT MAR-UP

PROYEK SALURAN SELO-TAWUN SYARAT MAR-UP

Ngawi.OposisiNews.co.id - Pembangunan saluran jalan Selo-Tawun dengan nomer kontrak 050/5014/404.103/2019 nilai kontrak Rp 426.658.294.70 yang dibiayai oleh Dana Alokasi Umum ( DAU ) Kabupaten Ngawi tahun 2019.disinyalir rawan mar-up.

Pengerjaan kegiatan saluran sepanjang 400 meter yang dikerjakan CV.Prigodo beralamat Jalan Raya Tirak no.5 Kwadungan Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi diduga dikerjakan asal jadi.

Dari pantauan awak media OposisiNews dilokasi kegiatan . Kondisi pekerjaan sangat memprihatinkan tutup beton pracest saluran terlalu renggang  , kondisi retak dan sangat dimungkinkan prodak pracast tidak sesuai ISO , Selasa 26/11/2019

Menurut keterangan warga sekitar ,Asrul ( nama samaran ) yang notabene bekerja di kontruksi mengatakan " Pemasangan saluran beton pracast tidak dilakukan penyambungan ( Nat ) sewajarnya. Bahkan proyek saluran di duga dikerjakan oleh oknum ASN yang berdinas di Kecamatan Padas karena tiap mengerjakan bisa dipastikan malam hari takut ketahuan LSM dan Media di Ngawi ".

Sadli. Kabid Jalan dan Jembatan PUPR kabupaten Ngawi pada Oposisi mengatakan " Jika pengerjaannya kurang sesuai , seperti belum di Nat pracast beton harus dibongkar ulang , untuk material yang patah harus diganti sebelum pekerjaan diserahkan ". ( Red** )
Home » » BUPATI WISUDA 1000 WIRAUSAHA BARU SIDOARJO

BUPATI WISUDA 1000 WIRAUSAHA BARU SIDOARJO

Sidoarjo-OposisiNews.co.id - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo telah melaksanakan program kegiatan 1000 Wirausaha Baru dari awal Tahun 2019 sampai dengan memasuki akhir Tahun Anggaran 2019 dan pada di hari ini Senin 25/11 menjadi tahapan akhir dari program ini yang ditandai dengan Graduate Wisuda 1000 Wirausaha Baru Sidoarjo yang di selenggarakan di Warung Ganjaran Sidoarjo.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Moh. Ainur Rahman, AP. M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tahapan akhir dari sebuah proses kegiatan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro di tahun 2019 untuk mencetak para wirausaha baru yang ada di Kabupaten

Sosialisasi Program dan Pengumpulan data dilakukan di delapan Kecamatan yang menjadi fokus pada kegiatan ini yaitu kecamatan Prambon, Balongbendo, Tarik, Tulangan, Wonoayu Porong, Krembung dan Jabon, yang dalam tahapan ini peserta dikumpulkan untuk diberikan arahan dan motivasi untuk berani berkembang dan maju menjadi pengusaha yang lebih baik.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran serta meningkatkan peluang pekerjaan bagi masyarakat untuk mencetak wirausaha baru dengan menumbuh kembangkan wirausaha masyarakat serta membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kecil serta dapat menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Sidoarjo

Bupati berpesan kepada para pelaku usaha mikro dengan adanya program kegiatan wirausaha baru ini diharapkan masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang telah mendapatkan kesempatan dan mengikuti dapat terus konsisten dan komitmen sebagai enterpreneur atau pelaku usaha yang betul-betul dapat memiliki dan menghasilkan produk-produk usaha yang dapat menjadi mata pencaharian di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing .

Sepanjang kegiatan pelatihan dan pembinaan ini telah terpilih10 UMKM unggulan yang mana produknya tidak hanya menarik dan bernilai jual namun pemiliknya memiliki keinginan tinggi untuk maju dan berkembang untuk kemudian dilakukan pembinaan khusus untuk 10 UMKM unggulan ini agar dapat menjadi contoh bagi peserta UMKM yang lain di antara 10 UMKM terpilih yaitu terpilih Ibu Siti Mustiani dengan produksi olahan keripik usus pedas dengan nama produksi kobong, Starla Education yang membuat aplikasi untuk seluruh kebutuhan belajar, Siti Khodijah dengan nama produk Kemecer yang merupakan minuman segar menyehatkan dan banyak khasiat selanjutnya Yuni Susanti dengan nama produk Jun SA yang merupakan kerajinan fashion dipadukan dengan seni rajut yang unik dan fashionable, Vivi Riana dengan  minuman legenda cincau dengan minuman favorit anak muda cappucino, Linda Pangestuti dengan nama produk Batik Habit yang memadukan antara etnik rotan sintetis dengan keluhuran budaya batik Sidoarjo kemudian Maria Novita dengan nama produk Galeri Raditajaya merupakan fashion premium dengan action hand printing dan yang terakhir Fila Chandra dengan produknya Tepung Bumbu Sahabat Bunda Indonesia.(bag)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon