Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Teladani Nabi Muhammad, SDN 1 Lawang Gelar Peringatan Maulid

Teladani Nabi Muhammad, SDN 1 Lawang Gelar Peringatan Maulid

Written By BBG Publizer on Rabu, 20 November 2019 | 19.31

Peringatan Maulid Nabi SDN 1 Lawang Malang , Rabu 20/11/2019
siswa siwi SDN 1 Lawang

Malang OposisiNews.co.id - Dengan mengusung Tema Meneladani Akhlak Rosululloh SAW sebagai Bekal membangun pribadi yang unggul, Sekolah Dasar Negeri (SDN)1 Lawang menggelar peringatan maulid nabi Muhammad SAW di Musollah Baiturrahman SDN 1 Lawang, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Rabu, 20/11/2019.

Suasana berlangsung hidmad dengan alunan musik rebbana serta pembacaan ayat-ayat suci AlQuran menjadi sajian serta dilanjutkan dengan tausiah rohani oleh Ustadz Bagus, salah satu penceramah yang menjadi idola anak-anak dengan ciri khas boneka monyet si-Untung sebagai media dakwahnya.

Para guru SDN 1 Lawang
Kali ini Ustadz Bagus selain mengisahkan sejarah kelahiran dan perjalanan Nabi Muhammad, ia juga mengisahkan sejarah pasukan gajah yang hendak menghancurkan ka'bah.

Kepala Sekolah SDN 1 Lawang, Imam Arif Budianto, MPd. Menghimbau kiranya siswa-siswi khususnya SDN 1 Lawang dapat meneladani sikap-sikap terpuji Nabi Muhammad SAW.

Ustad Bagus
" Melalui peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini mari kita sama-sama khususnya SDN 1 Lawang untuk dapat meneladani sikap-sikap terpuji Rosululloh SAW," ujarnya

"selain itu juga hendaknya dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari agar selamat dunia dan akhirat," tambahnya

Turut hadir dalam acara tersebut, Kordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan (Korwil Dikcam) Lawang, Moch. Mufti S, Ag, MPd. I.Kepala Sekolah SDN 1 Lawang, Dewan Guru beserta Staf, Ketua Komite, Para Wali Murid kelas 1 - Klas 6. Serta para tamu undangan. (SO)
Home » » ACARA BIMBINGAN TEKNIS DATA PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN NGAWI 2019

ACARA BIMBINGAN TEKNIS DATA PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN NGAWI 2019

Bintek Bappelitbang kabupaten Ngawi di Hotel Amarela solo ( 23-25 september 2019 )

Ngawi,OposisiNews .co.id – Memasuki era informatika berbasis elektronik yang kian pesat Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Bappelintbang Ngawi mengadakan bintek dengan mengandeng PT Lexion Surabaya untuk pencapain dan peningkatan skill aparatur pemerintah dibidang informatika dan pengelolalaan aplikasi data berbasis elektronik.

Pemaparan materi bintek oleh PT Lexion Surabaya
Untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan , pelaksanaan , evaluasi dan pengendalian pembangunan perlu didukung dengan data yang akurat , mutahir , terpadu dapat dipertanggungjawabkan , mudah diakses dan dibagipakaikan serta dikelola secara seksama , terintegrasi dan berkelanjutan.

Hal ini mendasar amanat perpres No 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia dan Pemendagri No.70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah ( SIPD ) bahwa Pemerintah Daerah harus menyamakan persepsi mengenai pengelolaan sistem informasi yang terintegrasi dengan pemerintah pusat . satu data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat , mutahir , terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan serta mudah dibagikan antar instasi pusat dan daerah melalui pemenuhan standar data, metadata,Interioperabilitas data dan mengunakan Kode refrensi dan data induk.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan ( BAPPELITBANG ) Kabupaten Ngawi selaku pelaksana pengelolaan data dan informasi pembangunan daerah turut melakukan  upaya untuk memperoleh data yang akurat , mutahir, terpadu dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagikan dengan melakukan perbaikan tata kelola data yang dihasilkan oleh Pemerintah Daerah melalui penyelenggaraan satu data Kabupaten.


Pelaksanaan pembangunan Daerah dalam bidang data dan informasi guna mendapatkan data pelasanaan pembangunan yang akurat dan up to date , diperlukan adanya suatu pengelolaan data pemerintah berbasis elektronik yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan sebagai bentuk dukungan dalam rangka pengembangan pelayanan kepada masyarakat.

Pelaksanaan pengumpulan data tersebut di dukung keberadaan aplikasi data pembangunan daerah yang berbasis internet untuk memudahkan dan mempercepat proses pengumpulan dan pengelolaan data pembangunan daerah. Sehingga menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan bagi pemerintah daerah untuk memudahkan dan mempercepat proses pembangunan yang cepat , tepat dan up to date.

Pengelolaan dan pengumpulan data pelaksanaan pembangunan daerah dilaksanakan dengan adanya formulasi baru yaitu data pengelolaan pembangunan di dasarkan pada RPJMD dengan mensikronkan pada IKU OPD diharapkan memberikan dampak yang positif kepada seluruh OPD di Kabupaten Ngawi sebagai pemacu untuk lebih mengarahkan pada penyelarasaan RPJMD terhadap Restra OPD untuk meraih target dari setiap program dan kegiatan dalam pelaksanaan pembangunan daerah tepat dan terarah sesuai di rencanakan.
Peserta bintek Bappelitbang Ngawi di Hotel Amarela Solo

Bimbingan teknis data Pembangunan Daerah ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 23 September s/d 25 September 2019 dan diikuti oleh unser SIPD dari 47 OPD sebanyak 55 orang bertempat di hotel Amarela Solo.

Narasumber dari PT Lexion Surabaya selaku vendor penyusunan aplikasi data pembangunan daerah dengan penyelenggara kegiatan Bidang Perencanaan , Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbang Kabupaten Ngawi.

Pada bentuk Evaluasi data pembangunan daerah ini , unser SIPD diharapkan dapat mensikronkan kembali Renstra OPD terhadap RPJMD sesuai dengan perencanaan pembangunan untuk mencapai target pelaksanaan pembangunan yang telah ditentukan sehingga dapat tercapai target sesuai perencanaan yang ada pada Ranstra OPD.

Materi Bimtek selanjutnya adalah sosialisasi dan cara pengisian evaluasi data pembangunan daerah , data yang di isikan merupakan menu baru di aplikasi pusat data yang bertujuan untuk mensinkronkan RPJMD dengan capaian sasaran renstra OPD serta capaian program dan kegiatan pelaksanaan pembangunanyang berpengaruh terhadap pencapaian sasaran renstra OPD.

Kepala Bappelitbang Kabupaten Ngawi . Indah Kusumawardani S Pt.M.Si mengharapkan dengan telah diimplemantasikan aplikasi data pembangunan daerah maka membawa tanggung jawab atau konsekwensi yang baru pula. Yaitu harus ada perubahan dalam cara berpikir / manset yang baru dari sumber daya manusia ( SDM ) terkaid .

” Aplikasi sebaik apapun tanpa dukungan SDM yang memiliki motifasi , disiplin , tanggung jawab dalam bekerja maka tidak akan optimal dalam meningkatkan kinerja penyelengaraan pemerintah daerah “, tegas Indah Kusumawardani..

 Aplikasi yang telah dibangun ini dapat memberikan manfaat dan dukungan penuh atas kegiatan yang berlangsung di seluruh OPD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Ngawi dalam rangka menyediakan sebuah sistem informasi menejemen yang menangani proses pelaksanaan pembangunan daerah yang cepat , tepat, akurat , informatif dan up to date . Dan kami ucapkan banyak trima kasih kepada PT Lexion Surabaya yang telah benayak membantu dalam membangun dan mengembangakan Aplikasi pusat data pembangunan daerah “, Kata Bappelitbang Kab.Ngawi menutup kegiatan . ( Adv . Bappelitbang Kabupaten Ngawi / Yd )
Home » » TAHUN 2020 , KABUPATEN FLORES TIMUR TERIMA DANA TRANSFER 1 TRILYUN

TAHUN 2020 , KABUPATEN FLORES TIMUR TERIMA DANA TRANSFER 1 TRILYUN

Augustinus Patong Boli . Sh . Wabup Flores Timur


Flores Timur, Oposisi News.co.id   Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran Dana Transfer Daerah dan Dana Desa kepada Kabupaten Flores Timur, Propinsi NTT Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp 1.031.728.628.

Alokasi dana transfer tersebut terdiri dari Dana Perimbangan sebesar Rp.854.782.920 yang terdiri dari Dana Bagi Hasil Pajak Rp.8.584.508, Dana Alokasi Umum Rp.663.793.435, Dana Alokasi Khusus Fisik Rp.95.493.985, dana Alokasi Khusus Non Fisik Rp.86.910.992 dan Dana Desa sebesar Rp.176.945.708.

Hal tersebut sebagaimana  disampaikan Wakil Bupati Flores Timur, Augustinus Payong Boli, SH, usai menerima DIPA Dana Transfer dan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 yang diserahkan oleh Gubernur NTT, Viktor Bung Tilu Laiskodat, di Kantor Gubernur NTT, Kupang, 19/11/2019.

“Dana 1 Triliun lebih ini nanti di tambah sumber pendapatan lain di gunakan untuk membiayai Program kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan di Flores Timur Sesuai Visi Misi Utama Pemerintahan tahun 2020 yakni Selamatkan orang muda, Selamatkan Infrastruktur, Selamatkan tanaman rakyat, Selamatkan Laut dan Reformasi Birokrasi serta tiga kebijakan utama yakni Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata juga pembiayaan program kegiatan strategis lainnya seperti pembangunan GOR di Flores Timur tahun 2020”, kata Wabup Agus Boli.

Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Platform Anggaran Sementara APBD tahun 2020 telah ditandatangani Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli,SH, dan Pimpinan DPRD Kabupaten Flores Timur pada tanggal 19 Nopember 2019.

“Dengan menakar kemampuan Keuangan Daerah Flores Timur tahun 2020 maka seluruh Sumber Daya di kerahkan penuh untuk menyukseskan pembangunan di Lewotana Flores Timur untuk pencapaian Visi Misi Utama paket Bereun pada tahun ketiga. Tentu Pencermatan internal Pemda seefektif mungkin dan telah dilakukan oleh Pak Bupati”, jelas Wabup Agus Boli.

Prinsip dasar Pengelolaan APBD yakni “Terencana dan Terukur” menjadi patokan utama dibarengi semangat “hemat tapi berdampak besar” akan menjadi bagian penting dalam proses pembahasan dan penetapan APBD tanggal 29 Nopember 2019. Pada akhirnya akan mendukung terwujudnya dua tujuan utama Pelaksaan APBD yakni “Social Oriented and Profit Oriented” menuju Bonnum Comune Flores Timur Sejahtera dalam bingkai desa membangun, kota menata” (AL-O1)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon