Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Pembangunan Los Kayu Pasar Sayur II Magetan

Pembangunan Los Kayu Pasar Sayur II Magetan

Written By BBG Publizer on Rabu, 13 November 2019 | 21.26

Bronjong material sebelum dicor

Magetan-OposisiNews.co.id _Proyek Rehabilitasi pasar sayur II Magetan  yang di kerjakan Cv. BESHARI berjalan sesuai prosedur dan tecknis.

Proyek Dinas Perindustrian dan Perdagangan dibiayai dari  dana APBD kabupaten Magetan TA. 2019. Senilai Rp.592 juta

Dibangunnya pasar sayur II merupakan respon pemerintah daerah magetan membaca peluang niaga ,khususnya sayur mayur kabupaten Magetan yang sudah menjadi salah satu ikon niaga selain prodak kerajinan kulit.

Pemerintah daerah Magetan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan berorentasi pedagang sayur di pasar sayur II  memiliki kios / lapak sayur  untuk mendorong ekosistem perekonomian pedagang lokal, dan  ketertiban pasar.

Pengawasan dan komitmen semua unsur merupakan kunci mutu kwalitas dan kwantitas bangunan pasar sayur II  .

Dari Pantauan awak media OposisiNews .Semua pengerjaan mulai dari pengurugan tanah timbun, bronjong penahan tanah, dan rabat lantai, di kerjakan rapi.

" Dalam pengerjaan proyek ini saya mengedepankan tahan -tahapan sesuai gambar dari konsultan, dan material yang terpasang melalui tahapan lulus lab ", tegas Mandor .

" Harapannya bangunan pasar ini nantinya akan memberikan kenyamanan pedagang dan pembeli yang berkunjung dipasar sayur II Magetan yang mayoritas pembeli dari luar kota Magetan , seperti Ngawi , Madiun , Sragen , Ponorogo ", imbuhnya

Salah satu pedagang sayur yang ditemui OposisiNews , mengatakan "  Dibangunya Los Kayu pasar sayur 2 mageyan ini sangat diperlukan,karena pasar sayur 1 sudah sangat padat dan penuh oleh para pedagang sampai memanfaatkan halaman parkir pasar,". Ucap sumi.

Pengerjaan pembangunan tersebut di targetkan akan rampung sesuai kontrak kerja pertanggal: 15 Desember 2019. ( pri/joyo).
Home » » Ruang Guru SDN Budug Terancam Runtuh

Ruang Guru SDN Budug Terancam Runtuh

Sdn  Budug kecamatan Kwadungan kabupaten Ngawi


Ngawi,OposisiNews.co.id - Bangunan ruang guru SDN BUDUG Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi  di tengarai rawan roboh.

Ruang guru yang diperkirakan berusia 14 tahun pasca di rehap tahun 2005 kondisinya sangat parah. Kuda-kuda penyangga atap yang disinyalir dari material kayu trembesi/mahuni terlihat patah tidak mampu menahan beban atap.

Guna mengantisipasi korban , pihak sekolah Sri Wahyu H,  kepala sekolah mengkoordinasikan pada komite sekolah ( Siras ) dan diteruskan pada Pemerintah Desa Budug untuk melakukan tindakan prefektif untuk menyelamatkan guru dan siswa dari reruntuhan atap bangunan.

" Tadi pagi , Rabu 13/11/2019 pihak komite dan Kepala Sekolah menginformasikan SDN Budug atapnya akan roboh , saya perintahkan warga sekitar sekolah untuk menurunkan beban atap ( genting ) untuk tindakan prefektif awal sebelum Dinas terkaid ' DINDIK Kab Ngawi ' membijaki " kata Marjuki .Kds Budug.

Pada OposisiNews Kepala sekolah SDN Budug . Sri W.H didampingi staf bidang pendidikan dasar Dindik Ngawi . Tulus membenarkan bakal runtuhnya ruang guru.
Kuda-kuda penyangga atap gedung Patah

" Sudah hampir satu Minggu terjadi kejanggalan ruang guru , plafon ruangan retak dan sebagian rontok . Sehari sebelum kejadian saya mendengar ada patahan di atas ternyata kuda-kuda atap sudah putus dan menembus plafon . Untung tidak langsung jatuh sehingga pihak sekolah , komite dan pemerintah desa bisa mensikapi awal ", ungkap Kepala Sekolah.

Staf bidang pendidikan dasar Dindik Ngawi menambahkan ," Dinas pendidikan setelah mendapatkan informasi terkaid SDN Budug langsung memerintahkan untuk menginvestigasi , menganilasa dan mengambil langkah-langkah yang harus diambil menyangkut proses belajar mengajar siswa dan guru di SDN Busuk " , ungkap Tulus.

" Untuk tindakan selanjutnya kita menunggu perintah lebih lanjut dari Kepala Dinas Pendidikan terkaid rencana penganggaran rehap gedung SDN Budug ", imbuhnya. ( Red**)
Home » » Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Juara

Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Juara



Sidoarjo,OposisiNews.co.id- Penimbangan bandeng kawak di Halaman Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H. Hasilnya Bandeng milik H. Mohammad Sanaji Warga Desa kalidawir, RT04,RW01 Kecamatan tanggulangin, Asal Tambak Tegalsari Jabon, dinobatkan menjadi Juara 1, Berat bandeng tersebut mencapai 7,66 kg.

Bandeng yang berusia 8 tahun dengan memiliki berat 7,66 Kg dan panjang 85,5 cm tersebut mengalahkan enam peserta lainnya yang ikut kontes di Dinas Perikanan Kab. Sidoarjo, Selasa 12/11/2019.

Untuk Juara 2, bandeng kawak milik H.Mustofa dengan berat bandeng 6,64 Kg usia bandeng 6 tahun, juara 3 bandeng kawak milik H. Ilyas dengan berat 6.54 Kg usia 7 tahun, dan Juara 4 bandeng kawak milik Sutriman yang mempunyai berat 5,85 Kg usia 8,5 tahun.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH.,M.Hum yang ikut menyaksikan penimbangan bandeng tersebut mengatakan, setelah ditimbang, bandeng dilelang besok malam. Hasilnya akan digunakan untuk kegiatan sosial. Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun. “Pakai bandeng karena lambang Kabupaten Sidoarjo,” katanya.

Pria yang akrab disapa Abah Ipul ini mengatakan, bandeng asli Sidoarjo memiliki ciri khas dibandingkan daerah lainnya. Bandeng Sidoarjo rata-rata berbibir merah. Punggung hitam ciri kasnya ,” imbuhnya.

“Semoga lelang bandeng kawak kali ini menjadi semangat bagi petani tambak untuk memajukan industri ikan dikota Sidoarjo,” cetus Bupati Sidoarjo H. Saiful ilah yang juga menjadi juri prosesi penimbangan.

Bupati pun berharap lelang bandeng dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang digelar besok malam semakin inovatif. Sehingga tidak sekedar event tahunan, dan bisa menghasilkan dana yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Mudah-mudahan hasil lelangnya lebih banyak dari tahun lalu,”Kata Abah Ipul.

Sementara itu, Plt.Kepala DInas Perikanan Sidoarjo H. M Bachruni Ariyawan mengatakan, kegiatan timbang dan lelang bandeng dilakukan untuk untuk memotivasi pembudidaya bandeng kawak. Sebab, potensi budidaya perikanan di Kabupaten Sidoarjo sangat besar.

“Bandeng kawak yang ikut dalam proses penimbangan, harus dari tambak asli Sidoarjo,”Ungkapnya Bachruni .

Untuk menentukan bandeng yang bisa ikut kontes, dia menyebutkan, ada beberapa persyaratan yang ditentukan, yaitu “tidak memiliki cacat fisik,dan kami survei dulu sebelum ikut kontas,”katanya (bag).

Home » » Rencana Dibangunnya Sumur Dalam , Petani Desa Sambiroto Sujud Syukur

Rencana Dibangunnya Sumur Dalam , Petani Desa Sambiroto Sujud Syukur


Kades Sambiroto , Yonik bersama staf bidang pengairan PUPR Kab.Ngawi tinjau pelaksanaan Geolistrik

Ngawi, OposisiNews .co.id  - Musim kemarau panjang pada tahun ini sangat  berdampak pada pemenuhan kebutuhan air irigasi  pertanian di Desa Sambiroto bahkan mengancam gagal panen ‘ PUSO ‘ lahan pertanian padi di Kecamatan Padas , Kabupaten Ngawi , Jawa Timur .
Pasalnya, Kebutuhan pengairan lahan pertanian  yang biasanya di suplai dari waduk Pondok di hentikan oleh Das Bengawan Solo untuk menjaga penurunan air waduk secara drastis yang bakal mengancam keretakan fatal pada dinding penahan bangunan waduk Pondok. .

Adanya rencana bantuan sumur dalam dari DPUPR dibawah Bidang Pengairan   yang diskemakan dianggarkan di  APBD-P Kabupaten Ngawi tahun ini ( 2019.red ) atau di APBD 2020 menjadi kabar sukacita petani diwilayah sambiroto dengan adanya trobosan cerdas pemkab Ngawi melaui dinas PUPR bidang pengairan , semua tidak lepas dari upaya Kepala Desa Sambiroto,Yonik dalam mengurai permasalah warganya khusunya petani ditiap musim kemarau tiba.
Rencana lokasi sumur , di selatan jalan utama Ngawi- Caruban di dusun Bala
 “ Jika rencana sumur dalam bisa cepat dan benar-benar terealisasi masyarakat desa Sambiroto khususnya petani sangat bersyukur bahkan bisa dikatakan Pemkab Ngawi dianggap berhasil ikut mensukseskan kebutuhan pakan nasional karena dengan sumur dalam di lahan pertanian desa minimal 25 hektar tahun tanam / musim tanam kedepan bisa di maksimalkan untuk ikut mencukupi kebutuhan pakan ( Padi ) secara nasional “ , ujar warto petani desa Sambiroto pada OposisiNews.


Pantauan OposisiNews , Lahan pertanian warga di desa Sambiroto kondisinya memprihatinkan , tanah pertanian rekah yang cukup besar dan berdampak vatal . kanal ( irigasi )  mengalami pergerakan mengakibatkan bangunan  irigasi sebagian putus .
Yonik ( 50 th ) Kepala Desa Sambiroto mengatakan , “ Kondisi Pertanian desa tiap musim kemarau memang seperti ini , banyak lahan yang dibiarkan tanpa ditanami karena petani tidak mau rugi dan berspekulasi semua kendala irigasi tidak ada air karena selama memasuki musim kemarau  irigasi persawahan di selatan jalan hanya mengharapkan suplai air dari waduk pondok yang berada di utara jalan “.

“ Bahkan tidak jarang mesti ada pengairan dari waduk pondok sering kali air tidak sampai ke lahan pertanian di selatan jalan karena  di alihkan oleh petani utara jalan untuk mengairi sawah di utara jalan  . Bahkan tidak jarang memicu  terjadinya perselisihan bahkan mengarah ke adu fisik gara-gara pengairan lahan pertanian . Sebagai Kepala Desa kadang-kadang saya repot untuk membijaki karena semua itu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pakan “, Imbuh Kades.

Hari , Tim Teknis Geolistrik PT Aqua
Dengan raut wajah penuh harap , Yonik .Kds Sambiroto mengatakan “ Dilema kebutuhan air untuk irigasi pertanian sudah saya kordinasikan dengan kabid PUPR Ngawi bidang Pengairan . Maftuh yang menjajikan bakal membantu merealisasikan Sumur dalam melalui Dinas dengan syarat , ada sumber air yang memadai berkisar 20-25 liter / detik dapat dibuktikan secara ilmiah dengan bukti survei memanfaatkan Geolistrik  , ada akses menuju lokasi rencana kegiatan sumur dalam , status lahan yang dibangun sumur dalam , luas lahan pertanian kurang lebih 25 hektar dan sudah masuk di RPJMDesa .Semua persyaratan itu sudah bisa dipenuhi oleh Kelompok tani / hipa atas nama pemerintah desa Sambiroto “.

“ Semua persyaratan itu , hasil Geolistrik , proposal pengajuan sudah kami sampaikan ke dinas PUPR bidang Pengairan , namun sampai sekarang belum ada kepastian rencana pengerjaan sumur dalam di sambiroto “, tambahnya .

Pada OposisiNews di ruang kerjanya , Maftuh menjelaskan , “ Benar Dinas PUPR melaui Bidang Pengairan akan membantu merealisasikan kebutuhan warga / masyarakat petani desa Sambiroto dengan  pembuatan sumur dalam bertenaga listrik / diesel tergantung dari kondisi dan permintaan kelompok tani / hipa , pembuatan sumur dalam di rencanakan tahun ini ( 2019.red ) melalui anggaran P-APBD atau mungkin tahun depan ( 2020.red ) “.

“ Pembangunan sumur dalam tidak serta merta bisa langsung terealisasi , dengan skema E-Kerja semua program yang dibiayai oleh pemerintah harus melalui proses dan tahapan meskipun persyaratan telah terpenuhi oleh pemohon ( Kelompok tani/Hipa.red ) “ imbuh Kabid Pengairan PUPR Ngawi.

Kabid Pengairan PUPR Kab. Ngawi juga menginformasikan “ Untuk program sumur dalam tidak semua wilayah bisa mengakses khususnya wilayah pertanian yang sudah terakses oleh Waduk / Bendungan di Utara jalan untuk wilayah Ngawi Timur dan daerah yang tidak memungkinkan sumber airnya memenuhi aturan yang ditetapkan ( 20-25 liter/detik .red ) untuk bisa meng-akses sumur dalam “. ( RED**ADV )

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon