Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » , » Wujudkan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur, Desa Bendo Bangun Jalan

Wujudkan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur, Desa Bendo Bangun Jalan

Written By BBG Publizer on Kamis, 07 November 2019 | 22.36


lokasi kegiatan DD , Rt 03 Rw 03 Dusun Bendo 1

Ngawi , OposisiNews .co.id – Desa Bendo , Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi   prioritaskan pembangunan infrastruktur jalan keliling desa yang bertujuan mendukung kelancaran sarana transportasi bagi masyarakat, mengangkut hasil produksi  pertanian warga desa yang mayoritas sebagai Petani dan Buruh Tani.

Agus Saputra , kds Bendo Kecamatan Padas Kab.Ngawi
Desa Bendo merupakan salah satu desa lumbung pangan ( Pertanian Padi ) dengan topografis desa yang dikelilingi lahan pertanian.Dijadikannya pembangunan infrastruktur jalan lingkungan menjadi skala prioritas desa sejak dikucurkannya Dana Desa dan Alokasi Dana Desa , Bukan tanpa alasan .

“ Dibangunnya infrastruktur di lingkungan memang harus dilakukan karena sangat mendukung kegiatan warga dalam mendistribusikan hasil pertanian . Pemanfaatan dana desa untuk merampungkan jaling yang rata=rata pendek sangat tepat dengan asumsi anggaran bisa diratakan di tiap lingkungan , asas pemerataan tanpa menganak tirikan lingkungan , dusun adalah kunci Konduksifitas  pemerintahan desa “, Ujar Agus .Kades Bendo .

“ Seperti pada tahun ini , Pemerintah desa Bendo mengalokasikan anggaran Dana Desa ( DD ) Rp 76 juta untuk pavingisasi jalan lingkungan sepanjang 116 meter di Rt 03 Rw 03 dusun Bendo 1 dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan warga , :” Imbuh Kades.

papan transparasi APBDesa Bendo
Pasalnya selama ini warga yang mayoritas petani dan buruh petani di rt 03/rw03 , warga kesulitan mengangkut hasil produksi pertanian apa lagi di musim penghujan jalan licin , becek dan warga tidak berani memasukan kendaran berat ( truk ) masuk membawa hasil pertanian dikawatirkan bakal terperosok karena kondisi jalan lingkungan.

Dengan dibangunya Jalan Lingkungan oleh Pemerintah desa Bendo mengakses Dana Desa TA 2019 , warga setempat tidak lagi mengalami kesulitan mengangkut hasil produksi pertanian karena telah dapat diangkut dengan kenderaan, Truk.

Masyarakat desa menyambut baik program pemerintah desa Bendo yang memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan lingkar lingkungan .Karena memberikan manfaat yang tepat sasaran untuk masyarakat khusus kalangan petani .

Sementara TPKD Dana Desa Bendo . Budi Purwanto  menjelaskan, sarana fisik jalan lingkungan yang dibangun mengunakan anggaran dana desa (DD) tahun anggaran 2019 dikerjakan dengan sistim Padat Karya Tunai ‘ PKT ‘ pekerjaan secara swakelola dengan memberdayakan warga sebagai tenaga pekerjanya dan dikerjakan sesuai dengan perencanaan dan skala prioritas desa Bendo ” . ( ADV )
Home » , , » Menyambut Maulud Nabi, Pemkab Sidoarjo Sediakan 5,4 Ton Bandeng Murah

Menyambut Maulud Nabi, Pemkab Sidoarjo Sediakan 5,4 Ton Bandeng Murah


H Saiful Ilah . Bupati Sidoarjo didampingi Plt.Dinas Perikanan Sidoarjo.Bachruni Arywan , di arena pasar bandeng murah sambut Maulid Nabi Muhamad SAW

Sidoarjo, OposisiNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Perikanan Sidoarjo menggelar pasar murah ikan bandeng menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebanyak 5,4 Ton ikan bandeng asli Sidoarjo disediakan, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.,M.Hum di damping Plt. Dinas Perikanan Sidoarjo Bachruni Arywan melayani pembelian bandeng murah, di Kantor Dinas Perikanan Sidoarjo, Kamis 7/11/2019.

Sebanyak 2700 Kupon bersubsidi terdistribusi kepada masyarakat warga Sidoarjo, Masyarakat yang sudah memegang kupon pembelian bandeng murah mengantri berjam-jam. Penjualan bandeng murah ini sudah tradisi setiap tahun pada saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Bachruni menjelaskan, setiap warga yang akan membeli bandeng murah hanya bisa dilayani dengan syarat membawa KTP warga Sidoarjo, dibatasi per orang atau per KTP hanya 2 kilogram, Satu kupon untuk 2 kilogram bandeng segar itu bisa dibeli dengan harga Rp 28 ribu sementara harga bandeng dipasaran mencapai Rp. 28 ribu per kilogram. Tahun ini  disediakan 5,4 Ton yang berasal dari Petani Tambak Kalanganyar Sedati.

“Memang kita batasi pembelian kupon setiap warga hanya maksimal 2 kupon saja. Biar sama-sama kebagian yang lain,” ujar Bahruni.

 Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyambut baik kegiatan pasar bandeng murah ini,  kegiatan rutin yang digelar dalam rangka peirngatan maulid Nabi Muhammad SAW. Terlihat seperti tahun sebelumnya,  antusias masyarakat terlihat cukup besar, dalam mendapatkan bandeng murah .

Menambahkan, Selain dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, karena budaya masyarakat yang menyediakan menu berbahan bandeng. Pasar Bandeng Murah ini, bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan harga subsidi 50 persen dari harga pasar.

 “Selain itu, untuk promosi agar masyarakat gemar makan ikan. Jika tidak dibatasi, pembeli akan membludak.”Pungkasnya. (Bag).

Home » , » Desa Sekarjati, Sandang The Best Pilot Project Pamsimas Ngawi

Desa Sekarjati, Sandang The Best Pilot Project Pamsimas Ngawi


Dalam sambutannya Ony Anwar ( Wabup Ngawi ) dan Riyanto Jatmiko ( Ketua DPRD Ngawi di acara penyematan Pilot Projek Pamsimas di lpangan dusun Cepak Desa Sekarjati , Rabu 6/11/2019

NGAWI,OPOSISINEWS.CO.ID  - Desa Sekarjati, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi tepatnya di Lapangan Dusun Cepak  dipilih menjadi pilot project penerapan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) , Semua tidak lepas dari besutan tangan dingin  Sugeng Purnomo .Kepala Desa Sekarjati.
 .
tamu undangan acara Pilot Projek , Desa Pamsimas
Acara dihadiri Ony Anwar ( Wabup Ngawi ) , Riyanto Jatmiko ( Ketua DPRD Ngawi ) , Muspika berserta Staf , Kepala Desa Se-Kecamatan Karanganyar , KKM dan warga sekitar sumur Pamsimas.

Program yang diinisiasi oleh UPT PAM Dinas PUPR Kabupaten Ngawi itu bertujuan membantu masyarakat setempat untuk mendapatkan air bersih terutama di musim kemarau.

Pada OposisiNews , orang nomor dua di Kabupaten Ngawi . Ony Anwar  mengatakan , “  Pencapaian kinerja pelayanan air minum dan sanitasi menjadi salah satu indikator dalam indeks pembangunan manusia (IPM).

”Sekarjati adalah salah satu desa yang kondisi topografisnya sama dengan desa di kecamatan Karanganyar mampu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih pada warga desanya diambang 90 persen melalui program Pamsimas dan mendistribusikan air bersih pada warga desa Se-kecamatan Karanganyar  maka layak menjadi pilot project “,

“ Di harapkan desa-desa yang memiliki topografi seperti / mirip desa Sekarjati bisa mereplekasi keberhasilan desa Sekarjati dalam pemenuhan air bersih dengan menganggarkan melalui Dana Desa. Diharapkan tahun depan sudah tidak ada kekurangan air bersih tentunya harus menjaga sumber air dengan mensinergiskan hutan jika pohon-pohon besar dan hutan dibabat habis secara otomatis tidak ada penguat air tanah dampaknya seperti banyak desa hutan sekarang ini krisis air bersih “ , ucap Wabup Ngawi  


 “ Untuk acara ini  ada lima utusan Kecamatan yang mengikuti  , yaitu utusan dari  Kecamatan  Mantingan , Pitu ,Kwadungan , Bringin dan Karangjati , harapannya bisa mereplekasi keberhasilan Pamsimas Desa Sekarjati “, Harap Ony Anwar.

"Alhamdulillah Sekarjati ditunjuk untuk program ini dan menjadi salah satu Pilot Project program Pamsimas di Kabupaten Ngawi  , kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab.Ngawi dan khususnya UPT PAM Dinas PUPR Ngawi  Memang saat ini , kami masih proses pengembangan pipanisasi jaringan di dua rt yang belum terakses air bersih , ditargetkan tahun ini bisa terselesaikan ," ujar Kepala desa Sekarjati , Sugeng P, Rabu ( 6/11/2019).

Ia ( Kds.red )  berharap program tersebut bisa terlaksana dengan lancar sehingga bisa membantu masyarakat memperoleh air bersih khususnya di daerah-daerah yang topogeografisnya berada di sepadan  gunung kendeng ( Perbukitan Kapur ) seperti desa-desa di Kecamatan Karanganyar yang berada di utara bengawan solo.

“ Dari total anggaran yang dikucurkan pemerintah daerah . APBD Pemkab Ngawi sebesar Rp 1.5 milyar , Dana Desa Rp  450 juta  untuk empat tower pamsimas dengan  total jaringan pipa yang terpasang 30 km untuk 700 pelanggan  lengkap dengan meteran kubikisasi air  , desa Sekarjati bisa menambah PAD per/ bulan Rp 7 juta bersih dari pundi – pundi iuran pelanggan yang di kelola Bumides Sekarjati..

Menurutnya pasca musim kemarau beberapa bulan belakangan, masyarakat Sekarjati dengan adanya 4 tower pamsimas tidak kesulitan air bersih bahkan bisa mensuplay di desa-desa di Kecamatan Karanganyar  dengan biaya cukup rendah dari patungan/ sukarela  ASN se-Kecamatan Karanganyar , Per-ASN Rp 75 ribu sekali selama musim kemarau ini dengan orentasi mempererat dan rasa saling memiliki sebagai warga kecamatan Karanganyar .

Sugeng Purnama dalam kegiatan distibusi air bersih di desa Pandean
Dari anggaran yang terkumpul dimanfaatkan untuk pembelian solar dan ongkos angkut armada ( Truk ) untuk sekali kirim membutuhkan dana Rp 150.000,00 “  Pamsimas akan menyuplai air dari kolong Spam menuju 2 tangki berkapasitas besar di atas bak truk untuk didistribusikan pada desa yang membutuhkan secara bergilir ,terang Kades

Berbekal Konsolidasi semua ASN dan Kepala Desa Se-Kecamatan Karanganyar dikemas dalam tajuk kegiatan “ Tanggap Bencana Air , FORPIMCAM Bersama ASN/PNS “ Di akir acara penyematan desa Pilot Project Pamsimas Kabupaten Ngawi  dilaksanakan giat pendisirtribusian air bersih ke Desa Pandean , desa paling ujung barat-utara dari Kabupaten Ngawi oleh Ony Anwar . Wabup Ngawi . ( BB )
Home » , » Kaisar Asadi vs Toha Kusen, Trawas Jombang

Kaisar Asadi vs Toha Kusen, Trawas Jombang


Oposisinew.co.id, Jombang – Kabupaten Jombang, Jawa Timur gelar Pilkades serentak 286 dari 306 desa pada senin (04/11/2019) tersebar di 21 kecamatan di Kota Santri,  Kabupaten Jombang Sebanyak 791 calon Kepala Desa  siap bertarung. 226 diantaranya Petahana.
 
Sisi menarik terjadi di desa Trawasan Kecamatan Sumobito  , kontestasi Cakades bisa dikata partai bals dendam antara  Toha Kusen (Petahana) vs Kaisar Asadi yang pada periode sebelumnya bertarung merebutkan 2.885 jiwa  

Kaisar Asadi (56 thn) yang periode ( 2013-2019 ) harus mengakui kekalahanya dengan Toha Kusen, dengan selisih 81 suara .

Kekalahan pada pesta demokrasi desa ( Pilkades 2013-2019 ) tidak membuat surut nyali Kaisar Asadi untuk kembali menjadi kontestasi Pilkades serentak tahun ini.Selasa 05/11/2019

Berbekal kekalahan tahun sebelumnya membuat Kaisar Asadi sebagai pengalaman berhargaa dan menjadikan modal  evalusi kekalahanya . Berkat kematangan menganalisa dan solidnya tim sukses besutannya , dengan visi misi  gotong royong bersama masyarakat desa Trawasan dengan Jujur, Transparan,  Adil,  Sejahtera, Berbudaya dan Berakhlak mulia", Kaisar Asadi berhasil menaklukan petahana dengan silisih suara yang cukup besar , 117 suara.di pikades tahun ini masa jabatan 2019-2025.

Pada OposisiNews , Kaisar Asadi di depan konstituennya berujar , “ Saya ucapkan terimakasih atas partisipasi warga dalam mengikuti pilkades,  mohon do'a serta saran, masukkan agar setelah dilantik menjadi kepala Desa Trawasan bisa menjalankan tugas dengan Amanah ". ( Red ****)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon