Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » TRAFFIC LIGHT DI KOTA LARANTUKA TAK BERFUNGSI, KADISHUB ANGGAP BUKAN KEBUTUHAN URGEN

TRAFFIC LIGHT DI KOTA LARANTUKA TAK BERFUNGSI, KADISHUB ANGGAP BUKAN KEBUTUHAN URGEN

Written By BBG Publizer on Kamis, 19 Desember 2019 | 10.17

Doc.traffic light di jalan  Ekasapta kota Larantuka
Larantuka.OposisiNews.co.id - Lampu lalu lintas (traffic light) di kota Larantuka tidak berfungsi, padahal traffic light mempunyai fungsi yang sangat vital dalam pengaturan tata tertib lalu lintas, sebagaimana diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.
Terpantau  oleh awak media OposisiNews  tidak berfungsinya traffic light di Jalan Ekasapta tepatnya depan Pasar Baru, Larantuka membuat arus lalu lintas menjadi semrawut dan rawan terjadi kecelakaan di jam-jam sibuk.

Terlihat petugas Satlantas Polres Flotim dilokasi sibuk melakukan pengamanan guna mengendalikan arus lalu lintas pada titik traffic light tersebut. Hal yang sama terjadi pada persimpangan pertokoan Larantuka, tepatnya di jalan Niaga dan beberapa titik lainnya.

Mateus Doren, seorang tukang ojek, kepada media ini mengatakan sudah sepuluh tahun lebih traffic light tidak berfungsi sehingga sangat mengganggu kenyamanan pengguna jalan baik itu pengemudi maupun pejalan kaki.

"Traffic light sangat penting  untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan. Memang rawan terjadi kecelakaan lalulintas pada titik itu karena tidak berfungsinya traffic light,  Saya berharap Pemda Flotim melalui dinas Dishub tidak membiarkan kondisi ini terus berlangsung. Pemda harus segera tanggap membenahi demi kelancaran dan kenyamanan berlalu lintas", kata Mateus.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Flores Timur, Michael Bulet Ruron saat dikonfirmasi Media OposisiNews di ruang kerjanya belum lama ini, pada Senin, 16/12/2019, mengakui kondisi traffic light di Kota Larantuka tidak berfungsi.

Terhadap kondisi tersebut, dengan nada ringan Kadishub mengatakan , pihaknya berkewajiban menangani namun itu bukan merupakan kebutuhan yang urgen pasalnya masih ada hal yang harus diprioritaskan dan lebih strategis.

"Kondisi lalu lintas pada beberapa titik traffic light belum terlalu menimbulkan penumpukan, kalau ada pun bukan every time, jadi masih bisa ditanggulangi dengan menempatkan pengatur baik itu dari petugas Satlantas maupun Dinas Perhubungan", kata Kadis Michael.

Lanjutnya, terkait keselamatan berlalu lalu lintas, pihaknya lebih memprioritaskan pemasangan rambu rambu lalulintas serta melakukan penertiban terhadap kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya, khususnya angkutan umum yang sering parkir di luar terminal.

"Kita benahi rambu- rambu dulu baru kita kawal rambu itu supaya tidak menjadi pasar peraturan yang ada di tengah jalan. Lancar aman dan selamat tidak hanya bergantung kepada kondisi jalan ataupun fisik kendaraan tetapi ketaatan aturan juga menjadi penting dalam menjamin keselamatan berlalu lintas", ujar Michael.( MR )

Reporte. Martin
Editor. Bambang Pw
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip