Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » , » Sampah Terpadu Ubah Prilaku Warga

Sampah Terpadu Ubah Prilaku Warga

Written By BBG Publizer on Rabu, 25 Desember 2019 | 09.28

Malang OposisiNews - Pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat yang diinisiasi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) melalui Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu reduce, reuse, recycle (TPST-3R) mampu mengubah perilaku warga.

Selain dapat mengubah prilaku warga untuk hidup bersih dan sehat, keberadaan TPST-3R  manfaatnya juga langsung dirasakan masyarakat. Hal itu diungkapkan Ketua TPST-3R Sumber Sehat, Desa Sumber Pasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Ketua TPST-3R Sumber Sehat Sugiono menjelaskan. "sebelum dibangun TPST-3R masyarakat membuang sampah secara sembarangan. Namun setelah adanya TPST-3R, masyarakat diajak untuk mengubah prilaku menjadi membuang sampah pada tempatnya," kata Sugiono kepada OposisiNews pada Selasa 24/12/2019.

"Selain dapat mengurangi kuantitas sampah yang ada di lingkungan masyarakat, TPST-3R juga memberikan manfaat dalam pembelajaran pengelolaan sampah kepada masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. melakukan pengelolaan 3R terhadap sampah yang mereka hasilkan," bebernya.

"Dengan penuh perjuangan dan kerja keras, Lanjut Sugiono, kita mengelola SKM ini semenjak 2014, dan ini bukan hal yang mudah. Oleh karena itu saya meminta kepada dinas terkait supaya TPST ini tetap di kelola KSM Sumber Sehat," tambahnya.

TPST-3R  SKM dibangun pada 2014 yang terdiri dari bangunan tempat pengolahan sampah dan kantor, prasarana berupa motor pengangkut sampah. Tempat pengelolaan sampah tersebut dikelola oleh KSM Sumber Sehat.

Keberadaan TPST-3R Sumber Pasir telah memecahkan masalah sampah di daerah yang padat penduduk dalam mengurangi sampah yang berasal dari sumbernya. Hal itu menciptakan lingkungan yang bersih, meningkatkan nilai kesehatan dan kenyamanan warga.

Di sisi lain, Keberadaan TPST tersebut dinilai dapat memberikan manfaat pengelolaan bank sampah guna mengurangi dampak penumpukan sampah yang terjadi di lingkungan sekaligus meningkatkan sumber kehidupan masyarakat sekitar Desa Sumber Pasir, Kecamatan Pakis. (SO)
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon