Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » , » MUSYAWARAH DAERAH ASOSIASI KEPALA DESA (AKD) KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUSYAWARAH DAERAH ASOSIASI KEPALA DESA (AKD) KABUPATEN TULUNGAGUNG

Written By BBG Publizer on Minggu, 08 Desember 2019 | 11.06

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Bhirowo, M.M., pada sambutan Musda AKD Kabupaten Tulungagung
TULUNGAGUNG.OPOSISINEWS.CO.ID - Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) yang dilaksanakan di Gedung Balai Rakyat mulai pukul 09.00 WIB. Sabtu (7/12/2019).

Doc kegiatan musdakab
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Tulungagung, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Tulungagung, Dandim 0807 Tulungagung, Wakapolres Tulungagung, Perwakilan Kejaksaan Negeri Tulungagung dan Asisten 1 Sekda Tulungagung.

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M.,dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pemilihan kepala desa serentak 2019 yang dilaksanakan di 239 desa telah dapat terselesaikan dengan baik, aman, dan sukses serta sudah dilantik di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso pada tanggal 11 September 2019. Pemilihan Kepala Desa serentak adalah amanah UU No. 6 Tahun 2016 tentang Desa dalam rangka mengisi kekosongan jabatan kepala desa yang habis masa bhaktinya.

Keberhasilan pelaksanaan Pilkades merupakan perjuangan kita semua, mulai dari Kepala Desa/Pejabat Kepala Desa beserta seluruh perangkat desanya, BPD, LPM, Lembaga Desa lainnya dan tokoh-tokoh masyarakat ataupun seluruh elemen masyarakat yang ada di desa dan untuk selanjutnya semua yang sudah dilantik sebagai kepala desa adalah yang terpilih untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa untuk bisa menjadi lebih maju dan dinamis, baik dari sektor pelayanan administrasi pemerintahannya, kelembagaan desanya, pemberdayaan masyarakatnya dan pembangunan infrastruktur sesuai yang diharapkan oleh masyarakat.

"Untuk itu saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan berharap dengan semangat mari kita bersama membangun Tulungagung yang lebih maju, mandiri dan bermartabat, semoga kita semua semakin penuh kedewasaan, serta kesadaran ini bisa terus ditingkatkan di masa-masa mendatang, sehingga situasi yang kondusif ini terus terpelihara dan dapat dipertahankan di Kabupaten Tulungagung yang kita cintai ini," ucapnya.

Bupati berharap, dalam pelaksanaan musyawarah daerah asosiasi kepala desa (Musda-AKD) Kabupaten Tulungagung tahun 2019 ini nantinya dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses sesuai yang diharapan.

Musyawarah daerah AKD merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh AKD Kabupaten Tulungagung, tujuan khususnya adalah dalam rangka pemilihan Ketua dan Pengurus AKD yang baru untuk masa bhakti tahun 2019 - 2025 menggantikan Ketua dan pengurus AKD yang lama masa bakti 2013 - 2019.

"Harapan saya, atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, bahwa melalui proses musyawarah daerah AKD ini menghasilkan Ketua atau jajaran pengurus yang lebih berkomitmen untuk memajukan asosiasi kepala desa," ujarnya.

Bupati juga berpesan kepada semuanya yang menjadi peserta musyawarah, bahwa siapapun nantinya yang akan terpilih menjadi ketua dan jajaran pengurus AKD yang baru, untuk kita hormati dan kita dukung sepenuhnya, karena itu merupakan hasil proses/pilihan semua yang dapat dipertanggung jawabkan bersama.

"Bagi yang terpilih menjadi ketua dan pengurus AKD yang baru, nantinya harus sadar bahwa, kedepannya memikul tugas dan  tanggung jawab yang besar untuk memajukan AKD. Serta bagi yang nantinya tidak terpilih harus sadar dengan penuh rasa sportif dan legowo. Pada intinya proses yang dilalui ini hanyalah semata-mata untuk kemajuan AKD Kabupaten Tulungagung," tandasnya.

Dalam kesempatannya, Maryoto menegaskan bahwa, AKD merupakan wadah untuk berkumpul dan menyampaikan aspirasi bersama yang selanjutnya dapat diteruskan kepada Pemerintah Daerah. Hal tersebut semata-mata adalah demi kemajuan dan kepentingan masyarakat Kabupaten Tulungagung.

"Selanjutnya setelah pelaksanaan Musda-AKD ini perlu diingat bahwa, saudara adalah Kepala Desa selaku pejabat yang ada di wilayah. Saudara harus peka, tanggap dan bijaksana dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, mengingat masyarakat semakin cerdas dan kritis. Untuk itu saudara harus sabar dan responsif dalam mengantisipasi dan memberikan penjelasan terhadap permasalahan yang muncul, dengan demikian masyarakat akan merasa terayomi dan nyaman dalam beraktifitas sehari-hari," tegas Bupati.

Selanjutnya dilakukan pemilihan Ketua AKD masa bakti tahun 2019-2025, adapun yang mendaftar sebanyak 2 orang yaitu Moh. Sholeh, Kades Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, dan Danang Catur Kades Sidorejo, Kecamatan Kauman.

Pada pemilihan tersebut secara aklamasi yang terpilih sebagai Ketua AKD masa bakti tahun 2019-2025 adalah Moh. Sholeh, Kades Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol.

Moh. Soleh, Ketua AKD terpilih masa bakti tahun 2019-2025 dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada Danang Catur dan seluruh Kades yg telah mendukungnya secara aklamasi, yang tentunya bisa mempererat persatuan AKD.

"AKD adalah wadah para Kades dalam membahas setiap permasalahan. kita harus bermusyawarah untuk menentukan kebijakan, bukan ditentukan Ketua AKD pribadi. Kades wajib menjaga kearifan lokal desa masing - masing  desa," pungkasnya. (Har/Gus)
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon