Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » GELAR RE-AKREDITASI, PUSKESMAS BORU OPTIMIS NAIK KELAS

GELAR RE-AKREDITASI, PUSKESMAS BORU OPTIMIS NAIK KELAS

Written By BBG Publizer on Jumat, 06 Desember 2019 | 13.28

Ft.Akreditasi kesehatan di Kecamatan Wulanggitang , Flores Timur. NTT
FLOTIM, OPOSISI NEWS.CO.ID - Bertujuan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat oleh Puskesmas, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur menggelar kegiatan Survei Akreditasi Puskesmas oleh Surveior Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Boru, di Desa Boru, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT, 5 - 8 Desember 2019.

Pantauan Media OposisiNews.  Antusias, semangat, serta optimis petugas Puskesmas Boru untuk menghadapi masa re-akreditasi sangat terlihat dari giat-giat pra-akreditasi, antara lain pelatihan peningkatan kinerja petugas, pelatihan pemahan instrumen akreditasi, serta pembersihan lokasi Puskesmas dan penataan ruangan, hingga pada hari terlaksananya re-akreditasi.

Sebanyak 3 tim surveior yang ketuai oleh dr. H. Hendro Santoso, MSi, Surveior Administrasi dan Manajemen, beserta dr. Erna Harnanie, Surveior Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), Abdul Azis, SKM, M.Kes, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

Pimpinan Puskesmas Boru, Anastasia N. Kewuan, dalam sambutan pembukaan kegiatan  mengatakan, Puskesmas Boru telah melakukan upaya-upaya menerapkan prinsip peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar proses pelaksanaan re-akreditasi dapat berjalan optimal. Ia optimis akan ada hasil yang baik usai kegiatan tersebut.

"Terimakasih kepada tim Surveior yang sudih datang untuk melakukan penilaian terhadap Puskesmas ini. Kami dengan segala kekurangan kami. Apapun hasil penilaian Surveior, kami jadikan acuan dan motifasi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas petugas demi peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dan terbinanya Puskesmas yang berkinerja baik", kata Anastasia Kewuan.

Hal Senada disampaikan Kepala Desa Boru, Benediktus Baran Liwu bahwa Pemerintah dan masyarakat Desa Boru sangat mendukung kegiatan ini, dengan segala kemampuan yang ada, kata Benediktus, Puskesmas Boru telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Kita semua berharap, re-akreditasi ini dapat meningkatkan sistem kerja petugas kesehatan. Kapibilitas dan mutu pelayanan kesehatan itu sangat penting. Bagian yang paling penting dalam pembangunan adalah kesehatan, karena orang sehat baru bisa membangun", kata Benediktus.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, dr. Hendro selaku pimpinan tim Surveior, menerangkan re-akreditasi Puskesmas merupakan sebuah penilaian dengan menggunakan standar yang ditetapkan melalui mekanisme akreditasi yang bertujuan menjamin peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkesinambungan.

"Kami akan memotret fakta-fakta dan membandingkannya dengan standar akreditasi yang telah ditetapkan, selanjutnya melaporkan seluruh hasil ke Komisi Akreditasi." terang dr. Hendro.

Selain itu, kata Hendro, untuk pelaksanaan survey sendiri, akan ada pemeriksaan dokumen eksternal dan internal, wawancara pimpinan Puskesmas, lintas sektor, pasien, keluarga pasien, serta masyarakat, selanjutnya akan dilaksanakan observasi sebagai bukti pelaksanaan kegiatan.

Hadir Dalam kegiatan pembukaan tersebut, segenap petugas Puskesmas Boru, petugas Puskesmas Ile Bura, petugas Puskesmas Lato, para Kader Posyandu,  Sejumlah Kepala Desa se-Kecamatan Wulanggitang, Perwakilan Polsek Wulanggitang, Perwakilan Kodim 1624 Wulanggitang serta para undangan. (*AL-01)

Reporter.Martin
Editor .Bambang PW
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon