Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » KSP San Domingo Gelontorkan 27 M

KSP San Domingo Gelontorkan 27 M

Written By BBG Publizer on Rabu, 06 November 2019 | 21.55


Direktur KSP San Dominggo Hokeng ,Benediktus Bading Lewar

Flores Timur , OposisiNews - Keberadaan koperasi di tengah kehidupan masyarakat memang sangat dibutuhkan, lantaran berperan membangun ekonomi serta mensejahterakan masyarakat, hal ini memang sudah menjadi prinsip dasar koperasi.

Salah satu fungsi koperasi adalah menyalurkan dana pinjaman kepada anggotanya guna mendukung kegiatan produktif sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kesejahteraan anggotanya.

Hal ini sedang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) San Dominggo Hokeng, Flores Timur, NTT yang kini makin unjuk gigi dalam meningkatkan jumlah anggota serta menyalurkan pinjaman kepada anggotanya yang telah layak sesuai standar prosedur koperasi.

Manajer KSP San Dominggo, Benediktus Bading Lewar, ditemui di ruang kerjanya belum lama ini, pada Rabu, 23/10/2019, mengatakan KSP San Dominggo telah menjalankan proses yang cukup panjang dan telah merangkul 2.910 anggota untuk bergabung dan kini mempunyai aset Rp. 37 Miliar.

"Untuk mencapai Rp. 37 Miliar, tentu bukan menjadi hal yang mudah, semuanya berkat kerjasama anggota untuk mendukung berkembangnya KSP San Dominggo, selain itu didukung dengan kerja keras dari pengurus koperasi, manajer dan karyawan", terang Benediktus.

Koperasi yang didirikan pada tanggal 28/11/1990 beranggotakan mayoritas petani, pelaku usaha, maupun Pegawai Negeri Sipil ini telah mengucurkan dana pinjaman kepada anggotanya sebesar Rp.27 Miliar.

Dijelaskan Benediktus, KSP San Dominggo mempunyai beberapa produk simpanan yakni, simpanan saham, simpanan non saham yang terdiri dari simpanan bunga harian anggota, simpanan bunga harian bukan anggota, tabungan pelajar, sisuka anggota, simpanan bukan anggota,serta pinjaman.

Selain itu, lanjut Benediktus, KSP San Dominggo juga mempunyai produk simpanan unggulan yakni DAPERMA dari INKOPDIT (Induk Koperasi) yang bertujuan untuk melindungi anggota dari resiko pinjaman yang terjadi ketika anggota meninggal dunia atau cacat total permanen.

"KSP ini akan berkesinambungan melalui kaderisasi keanggotaan mulai dari anggota, anak, cucu dan seterusnya. Selain itu kaderisasi pengurus, karyawan pun dilakukan dengan menjunjung tinggi asas gotong royong" tutur Benediktus.

Benediktus menambahkan, selain manajemen, anggota merupakan sumber kekuatan yang menjadi kunci pertumbuhan keberlangsungan lembaga.

"Loyalitas sangat dibutuhkan baik pengurus, karyawan dan anggota. Untuk anggota ya harus sadar dan komitmen sebagai bentuk peduli yaitu sadar akan kewajibannya. Kalau sudah meminjam ya harus punya kesadaran untuk mengangsur sesuai perjanjian hutangnya  " kata Benediktus.  

Sementara itu,  beberapa anggota koperasi mengakui kehadiran KSP San Dominggo ditengah masyarakat dapat mempermudah mengakses dana untuk keperluan dengan pelayanan yang mudah sesuai prinsip koperasi.

Menurut mereka, geliat KSP San Dominggo saat ini telah menjadi roh ekonomi anggota. Anggota dengan lebih mudah dapat menyimpan dan meminjam untuk keperluan usaha, pendidikan, maupun kesehatan, selain itu secara keuntungan, KSP San Dominggo telah memberikan benefit yang menarik.

Hingga saat ini, KSP San Dominggo terus memperluas wilayah guna merangkul masyarakat untuk bergabung menjadi anggota. (*AL-01)
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon