Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » , » SERAP ASPIRASI, KARANGASRI TARGETKAN INI

SERAP ASPIRASI, KARANGASRI TARGETKAN INI

Written By Porto Folio on Sabtu, 02 November 2019 | 23.19

Haryono Seputro (tengah), Kepala Desa Karangasri
Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk membuat kesepakatan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.


Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) dilaksanakan mengacu pada RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) setiap desa yang diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.
Musrenbang merupakan forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.
Musrenbang sebagai sarana membangun kesepahaman atas musyawarah mufakat untuk kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.
Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Karangasri, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Awal November 2019 mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa dalam rangka pembahasan dan penetapan RKP Desa tahun 2020 serta daftar usulan RKP Desa tahun 2021.
Di kesempatan itu nampak hadir Priyanta Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Ngawi, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna, Pengurus BUMDes, Babinsa, Babinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, dan Perwakilan Perempuan.
Kepala Desa Karangasri, Haryono Seputro,ST, dalam paparannya menyebutkan RKPDes tahun 2020 dititik beratkan pada pembangunan sarana dan prasarana fisik.
“Untuk Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan Desa tahun 2021 menghasilkan 3 (tiga) bidang yang berisi 7 (tujuh) usulan yang akan dibawa ke Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam),” jelas Haryono.
  1. Bidang Pembangunan : Tembok Penahan Tanah (TPT) Jl. Musi, dan Pengerasan Jalan Makam (Kerkop)
  2. Bidang Pembinaan : Pelatihan Sablon bagi Pemuda / Pemudi, dan Bantuan saran bola untuk Olah Raga Sepak Bola.
  3. Bidang Pemberdayaan : Bantuan bibit Lele, Pelatihan olahan makanan lokal, dan Bantuan bedah rumah tidak layak huni.
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon