Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » PANEN PERDANA SINGKONG , BUPATI SIKKA AJAK WARGA BUDAYAKAN MENANAM SINGKONG

PANEN PERDANA SINGKONG , BUPATI SIKKA AJAK WARGA BUDAYAKAN MENANAM SINGKONG

Written By BBG Publizer on Sabtu, 23 November 2019 | 15.58

Panen perdana singkong oleh Bupati Sikka
SIKKA, OposisiNews.co.id - Untuk pencapaian peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani Sikka , budidaya singkong ( ubi kayu ) menjadi salah satu pilihan alternatif  selain mempunyai dampak lanjutan  untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan mengoptimalkan  lahan tidur menjadi lahan produktif  tanaman produksi , seperti singkong

Hal ini disampaikan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si pada kegiatan panen perdana singkong,  di atas lahan percontohan seluas 1Ha di samping rumah Dinas Bupati Sikka, Jum'at 22/11/2019.

Bupati Sikka yang akrab disapa Robby Idong, mengatakan ubi kayu adalah tanaman produksi pangan alternatif yang memiliki prospek cukup menjanjikan dengan memanfaatkan lahan tidur yang selama ini banyak dibiarkan tidak dikelola petani Sikka. untuk itu bupati mengajak dan menumbuhkan kesadaran dari petani bahwa lahan tidur sangat berpotensi jika dikelola dengan baik.

"Lahan jangan dibiarkan terbuka dan tidur. Kita harus tanam apa saja yang bisa meningkatkan pendapatan dan kebutuhan pakan selain padi dan jagung. Mari kita galakan budaya menanam, tetapi menanam dengan pola budidaya terkini" Ajak Bupati Robby.

Bertujuan menggerakkan potensi perekonomian dan peningkatan daya beli petani di Kabupaten Sikka, Pemerintah Kabupaten Sikka berencana akan  mengandeng Badan Ketahanan Pertanian dan  Pangan serta penjalinan kemitraan  dengan  PT. MEDCO untuk memberi penyuluhan pengembangan 8 varietas ubi kayu, pisang dan kelor pada musim tanam tahun 2020 mendatang pada petani Sikka.

"Musim tanam tahun ini, saya sudah intruksikan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk jemput bola ,  bersinegi dengan petani Sikka.  Jika para petani terganjal modal, kita fasilitasi permodalan melalui KUR dan Koperasi".

"Banyak hal yang bisa kita perbuat, agar petani Sikka mendapat pelatihan dan pemahaman pemanfaatan lahan tidur tetap bisa termanfaatkan / ditanami . Saya  berharap setelah ini tidak ada alasan lahan yang tidak tergarap di musim tanam ini. saya akan periksa", tegas Bupati Robby. (AL-01)
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon