Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » , » Desa Sekarjati, Sandang The Best Pilot Project Pamsimas Ngawi

Desa Sekarjati, Sandang The Best Pilot Project Pamsimas Ngawi

Written By BBG Publizer on Kamis, 07 November 2019 | 08.37


Dalam sambutannya Ony Anwar ( Wabup Ngawi ) dan Riyanto Jatmiko ( Ketua DPRD Ngawi di acara penyematan Pilot Projek Pamsimas di lpangan dusun Cepak Desa Sekarjati , Rabu 6/11/2019

NGAWI,OPOSISINEWS.CO.ID  - Desa Sekarjati, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi tepatnya di Lapangan Dusun Cepak  dipilih menjadi pilot project penerapan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) , Semua tidak lepas dari besutan tangan dingin  Sugeng Purnomo .Kepala Desa Sekarjati.
 .
tamu undangan acara Pilot Projek , Desa Pamsimas
Acara dihadiri Ony Anwar ( Wabup Ngawi ) , Riyanto Jatmiko ( Ketua DPRD Ngawi ) , Muspika berserta Staf , Kepala Desa Se-Kecamatan Karanganyar , KKM dan warga sekitar sumur Pamsimas.

Program yang diinisiasi oleh UPT PAM Dinas PUPR Kabupaten Ngawi itu bertujuan membantu masyarakat setempat untuk mendapatkan air bersih terutama di musim kemarau.

Pada OposisiNews , orang nomor dua di Kabupaten Ngawi . Ony Anwar  mengatakan , “  Pencapaian kinerja pelayanan air minum dan sanitasi menjadi salah satu indikator dalam indeks pembangunan manusia (IPM).

”Sekarjati adalah salah satu desa yang kondisi topografisnya sama dengan desa di kecamatan Karanganyar mampu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih pada warga desanya diambang 90 persen melalui program Pamsimas dan mendistribusikan air bersih pada warga desa Se-kecamatan Karanganyar  maka layak menjadi pilot project “,

“ Di harapkan desa-desa yang memiliki topografi seperti / mirip desa Sekarjati bisa mereplekasi keberhasilan desa Sekarjati dalam pemenuhan air bersih dengan menganggarkan melalui Dana Desa. Diharapkan tahun depan sudah tidak ada kekurangan air bersih tentunya harus menjaga sumber air dengan mensinergiskan hutan jika pohon-pohon besar dan hutan dibabat habis secara otomatis tidak ada penguat air tanah dampaknya seperti banyak desa hutan sekarang ini krisis air bersih “ , ucap Wabup Ngawi  


 “ Untuk acara ini  ada lima utusan Kecamatan yang mengikuti  , yaitu utusan dari  Kecamatan  Mantingan , Pitu ,Kwadungan , Bringin dan Karangjati , harapannya bisa mereplekasi keberhasilan Pamsimas Desa Sekarjati “, Harap Ony Anwar.

"Alhamdulillah Sekarjati ditunjuk untuk program ini dan menjadi salah satu Pilot Project program Pamsimas di Kabupaten Ngawi  , kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab.Ngawi dan khususnya UPT PAM Dinas PUPR Ngawi  Memang saat ini , kami masih proses pengembangan pipanisasi jaringan di dua rt yang belum terakses air bersih , ditargetkan tahun ini bisa terselesaikan ," ujar Kepala desa Sekarjati , Sugeng P, Rabu ( 6/11/2019).

Ia ( Kds.red )  berharap program tersebut bisa terlaksana dengan lancar sehingga bisa membantu masyarakat memperoleh air bersih khususnya di daerah-daerah yang topogeografisnya berada di sepadan  gunung kendeng ( Perbukitan Kapur ) seperti desa-desa di Kecamatan Karanganyar yang berada di utara bengawan solo.

“ Dari total anggaran yang dikucurkan pemerintah daerah . APBD Pemkab Ngawi sebesar Rp 1.5 milyar , Dana Desa Rp  450 juta  untuk empat tower pamsimas dengan  total jaringan pipa yang terpasang 30 km untuk 700 pelanggan  lengkap dengan meteran kubikisasi air  , desa Sekarjati bisa menambah PAD per/ bulan Rp 7 juta bersih dari pundi – pundi iuran pelanggan yang di kelola Bumides Sekarjati..

Menurutnya pasca musim kemarau beberapa bulan belakangan, masyarakat Sekarjati dengan adanya 4 tower pamsimas tidak kesulitan air bersih bahkan bisa mensuplay di desa-desa di Kecamatan Karanganyar  dengan biaya cukup rendah dari patungan/ sukarela  ASN se-Kecamatan Karanganyar , Per-ASN Rp 75 ribu sekali selama musim kemarau ini dengan orentasi mempererat dan rasa saling memiliki sebagai warga kecamatan Karanganyar .

Sugeng Purnama dalam kegiatan distibusi air bersih di desa Pandean
Dari anggaran yang terkumpul dimanfaatkan untuk pembelian solar dan ongkos angkut armada ( Truk ) untuk sekali kirim membutuhkan dana Rp 150.000,00 “  Pamsimas akan menyuplai air dari kolong Spam menuju 2 tangki berkapasitas besar di atas bak truk untuk didistribusikan pada desa yang membutuhkan secara bergilir ,terang Kades

Berbekal Konsolidasi semua ASN dan Kepala Desa Se-Kecamatan Karanganyar dikemas dalam tajuk kegiatan “ Tanggap Bencana Air , FORPIMCAM Bersama ASN/PNS “ Di akir acara penyematan desa Pilot Project Pamsimas Kabupaten Ngawi  dilaksanakan giat pendisirtribusian air bersih ke Desa Pandean , desa paling ujung barat-utara dari Kabupaten Ngawi oleh Ony Anwar . Wabup Ngawi . ( BB )
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon